Jaga Lingkungan, Danyonarmed 12 Kostrad Lakukan Biopori di Ngawi - INFONEWS.CO.ID
-->

Sabtu, 15 Juni 2019

Jaga Lingkungan, Danyonarmed 12 Kostrad Lakukan Biopori di Ngawi

Jaga Lingkungan, Danyonarmed 12 Kostrad Lakukan Biopori di Ngawi


INFONEWS.CO.ID ■ Berbagai  kegiatan digelar Yonarmed 12 Kostrad dalam  menyemarakkan  peringatan HUT ke-57 Menarmed 1  Kostrad.   Kali ini, satuan dibawah kendali Mayor Arm Ronald F Siwabessy  tersebut menerjunkan puluhan prajuritnya dalam pembuatan 1.000 lubang Biopori di area hijau Yonarmed 12 Kostrad, Ngawi, kemarin.

Kapten Arm Gatot selaku koordinator mengatakan, Biopori ini memiliki  manfaat yang besar dalam penyerapan air.  Biopori ini akan mencegah genangan-genangan air, saat turunnya hujan. Disamping itu, hal ini juga akan berguna bagi tanaman disekelilingnya dan merupakan salah satu upaya dalam mencegah banjir.

Danyonarmed 12 Kostrad, Mayor Arm Ronald F Siwabessy menambahkan Biopori adalah teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan.  Istilah keren untuk Biopori adalah istana cacing, walaupun sebenarnya penghuni Biopori bukan hanya cacing saja.

Disamping itu, Mayor Arm Ronald menlanjutkan bahwa dengan teknik Biopori tanah akan menjadi lebih subur. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya lubang Biopori, maka resapan air hujan yang mengandung lumpur dan bakteri akan dilarutkan menjadi mineral-mineral yang diperlukan dalam kehidupan tumbuhan.

Aksi ini diharapkan juga akan menumbuhkan kesadaran serta perilaku dalam menjaga lingkungan. “Persoalan lingkungan  sangat terkait dengan perilaku kita dan merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya.

■ RED/penkostrad

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved