BNPB : Ancol Aman dari Tsunami Selat Sunda dan Aktivitas Erupsi


INFONEWS.CO.ID ■ Erupsi Gunung Anak krakatau yang bergemuruh terdengar hingga ke wilayah Sumatra Selatan (Sumsel). Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau Lampung memastikan, suara dentuman yang membuat resah masyarakat di Sumatera Selatan.

Kepala Pos Pemantau Gunung Krakatau Lampung Suwarno, menyebutkan aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau masih berlangsung, diiringi suara bergemuruh yang menggelegar.

Lantangnya suara dentuman tersebut juga dipengaruhi arah angin yang menuju ke timur. “Arah angin mendukung. Dalam kasus Sumsel , arah angin menuju timur,” kata Suwarno, Rabu (26/12/2018).

"Sumsel masih kategori aman, karena jaraknya cukup jauh. Dampaknya hanya debu vulkanik," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat Jakarta tak perlu khawatir terdampak aktivitas Anak Gunung Krakatau. Aktivitas gunung berapi itu hanya berdampak pada pesisir Selat Sunda.

"Untuk daerah Ancol aman dari tsunami Selat Sunda dan aktivitas erupsi yang ada di Gunung Anak Krakatau. Jadi, kondisinya di pantai Jakarta aman," ujar Sutopo di kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu, (26/12/2018).

Sutopo memerinci jarak antara Gunung Anak Krakatau dan wilayah Ancol, Jakarta Utara, cukup jauh. Dampak aktivitas gunung berapi dengan status waspada level 2 tak perlu dikhawatirkan.

Bila pun ada gelombang tinggi di Ancol bukanlah karena aktivitas Anak Krakatau. Itu hanya terjadi akrena cuaca cenderung ekstrem pada Desember 2018. 
loading...

Belum ada Komentar untuk " BNPB : Ancol Aman dari Tsunami Selat Sunda dan Aktivitas Erupsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel