Bupati Karangasem Hadiri Upacara Puncak Betara Turun Kabeh - INFONEWS.CO.ID

Kamis, 21 Maret 2019

Bupati Karangasem Hadiri Upacara Puncak Betara Turun Kabeh

    Bupati Karangasem Hadiri Upacara Puncak Betara Turun Kabeh


INFONEWS.CO.ID ■ Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri hadiri persembahyangan Upacara Puncak Betara Turun Kabeh, pada Rabu (20/3) di Penataran Agung Pura Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Sebelum prosesi Puncak Karya dilaksanakan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri melaksanakan ritual persembahyangan Bakti Pekideh Ring Pura Hyang Ngaluh untuk memohon kelancaran proses pelaksanaan upacara.

Setelah prosesi persembahyangan selesai, Bupati Mas Sumatri melanjutkan ritual ke Pura Penataran Agung Pura Besakih untuk mengikuti prosesi puncak karya.

Sebelum melaksanakan Purwa Daksina Bupati Karangasem beserta undangan lainnya melakukan persembahyangan terlebih dahulu yang dipuput oleh 6 Sulinggih.

Dalam kesempatan tersebut, I Gusti Ayu Mas Sumatri berkesempatan untuk mundut Ida Betara dari Pesamuan Agung untuk melaksanakan Purwa Daksina sebanyak 3 kali menuju ke Bale Peselang.

Selesai prosesi Bupati Mas Sumatri juga melaksanakan persembahyangan yang di puput sulinggih setempat sebelum Ida Batara kembali di linggihkan ke Pesamuan Agung.

Adapun tari-tarian yang dipersembahkan dalam acara tersebut seperti tari rejang renteng, tari rejang giri kusuma, tari baris, tari topeng sida karya dan tari rejang dewa guna melengkapi prosesi Upaca Panca Bali Krama.

Terkait Upacara Panca Bali Krama Bupati Karangasem mengatakan, upacara ini adalah upacara besar yang dilaksanakan di Kabupaten Karangasem, "mudah-mudahan Ida Batara yang melinggih di Pura besakih memberikan anugrahnya kepada semua umat, khususnya masyarakat Kabupaten karangasem," kata Mas Sumatri.

Dalam acara tersebut hadir pula Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Istri , Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bersama istri, Sekda Provinsi Bali, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa bersma Istri Sarini Artha Dipa, Ketua DPRD karangasem, Ketua MMDP prov Bali dan kepala OPD lainnya.

 ■ Humas/ Made Asnawa

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved