Walikota Kediri: Pemilu 2019 akan Menjadi Sorotan Dunia Internasional - INFONEWS | PORTAL BERITA TERKINI

Sabtu, 23 Maret 2019

Walikota Kediri: Pemilu 2019 akan Menjadi Sorotan Dunia Internasional

   Walikota Kediri: Pemilu 2019 akan Menjadi Sorotan Dunia Internasional


INFONEWS.CO.ID ■  Walikota Kediri H Abdullah Abu Bakar, mengatakan Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah. Karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

"Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional. Terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas. Dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya,” kata Walikota Abdullah Abu Bakar saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2019, Jumat (22/3/2019).

Menurut Abdullah Abu Bakar, sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

"Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada. Akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu. Yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan," ujarnya.

Dihadapan 890 personil dan undangan yang hadir, Walikota mengingatkan fungsi dan peran TNI Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu harus netral agar Pemilu dapat dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Perlu diketahui, imbuhnya, pemilu serentak Tahun 2019 merupakan kesempatan berharga bagi rakyat Indonesia. Untuk memilih calon anggota legislatif yang akan memperjuangkan aspirasi rakyat. Sekaligus sarana untuk memilih pemimpin nasional guna mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Melihat konteks pelaksanaan Pemilu tersebut, sedapat mungkin opini kita semua diarahkan bahwa ajang ini bukanlah untuk membenturkan satu pihak dengan pihak yang lain.

Oleh karen aitu, walikota meminta aparat TNI-Polri selaku institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu Serentak tahun 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas, sesuai dengan Prosedur Tetap dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu Serentak Tahun 2019.

■ Rahmad Riyadi

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 INFONEWS | PORTAL BERITA TERKINI | All Right Reserved