Diduga Ada Pungutan di UNBK, IWO Minta Satgas Saber Pungli Polda Jabar Turun Ke Purwakarta - INFONEWS | PORTAL BERITA TERKINI

Rabu, 10 April 2019

Diduga Ada Pungutan di UNBK, IWO Minta Satgas Saber Pungli Polda Jabar Turun Ke Purwakarta

 Diduga Ada Pungutan di UNBK, IWO Minta Satgas Saber Pungli Polda Jabar Turun Ke Purwakarta


INFONEWS.CO.ID ■ Belum ada kesiapan pelaksanaan UNBK bukan lagi rahasia umum, terutama di sekolah-sekolah yang belum siap melaksanakan UNBK karena kekurangan fasilitas komputer.

Demi keberlangsungannya UNBK tetapi pengadaan tersebut selalu saja pendanaannya dibebankan kepada orang tua siswa.

Seperti halnya yang telah terjadi di Sekolah-sekolah tingkat SMP di Kabupaten Purwakarta diduga memungut biaya sebesar Rp.250 ribu per siswa dengan dalih sewa komputer untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Saat dimintai komentarnya, Wakil Ketua IWO Purwakarta, Rudy Harto sangat menyayangkan maraknya pungli di dunia pendidikan. Pendanaan yang diminta sekolah dengan dalih pengadaan komputer, pungutan tersebut umumnya rapat menjadi perpanjangan tangan kepala sekolah, untuk memungut biaya dari orang tua siswa tidak ada tanda terimanya atau Kwitansi.

Menurutnya, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah juga sudah mengatur bahwa sekolah tidak boleh melakukan pungutan kepada orang tua siswa maupun peserta didik.

“Tidak boleh menarik pungutan dengan alasan apapun, termasuk pengadaan komputer untuk pelaksanaan UNBK. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk penyelenggaraan UNBK,” katanya, Rabu (10/4/2019)

Terkait hal ini, kami akan konsultasikan dengan satgas saber pungli Polda Jabar terkait dugaan maraknya pungli sewa komputer untuk UNBK di Kabupaten Purwakarta. (ris/IWO)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

© Copyright 2017 INFONEWS | PORTAL BERITA TERKINI | All Right Reserved