Kaskostrad Ingatkan Pentingnya Reformasi Birokrasi - INFONEWS.CO.ID

Kamis, 22 Agustus 2019

Kaskostrad Ingatkan Pentingnya Reformasi Birokrasi

Kaskostrad Ingatkan Pentingnya Reformasi Birokrasi


INFONEWS.CO.ID ■  Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad), Mayor Jenderal TNI M. Bambang Taufik memimpin kegiatan pembukaan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kostrad dan Balakpus TNI AD TA 2019 yang dilaksanakan di Ruang Mandala Markas Kostrad, Jakarta Pusat, Rabu (21/08/2019).

Reformasi Birokrasi merupakan suatu upaya berkelanjutan yang setiap tahapannya diharapkan dapat memberikan dampak suatu perubahan atau perbaikan dalam sistem birokrasi menuju ke arah yang lebih baik, sehingga dapat segera terwujud suatu kondisi pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu menyelenggarakan pelayanan prima dengan manajemen yang transparan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau Good Governance and Clean Goverment, termasuk juga di lingkungan TNI AD.

Kaskostrad berharap kehadiran Tim Monitoring dari Mabesad ini, di samping melaksanakan Penilaian Mandiri juga dapat memberikan pencerahan kepada seluruh peserta baik dari Kostrad maupun dari Balakpus sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam hal Reformasi Birokrasi untuk kemudian disosialisasikan ke satuan jajaran sampai di tingkat bawah sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi di lingkungan TNI AD.

Lebih lanjut, Kaskostrad menambahkan bahwa keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di satuan merupakan salah satu bagian yang penting dalam aspek penilaian kinerja yang diberikan oleh pemerintah.

Penilaian terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian PAN-RB di setiap Instansi Pemerintah termasuk TNI AD, dan hasil dari penilaian tersebut akan menjadi bagian penting dalam menentukan kesejahteraan prajurit.

“Hasil penilaian ini akan menjadi landasan utama dari Kementerian PAN-RB dalam memberikan rekomendasi kenaikan tunjangan kinerja kepada Kementerian Keuangan bagi setiap instansi pemerintahan,” ungkap Kaskostrad. 

Untuk diketahui, dalam penentuan kebijakan kenaikan Tunjangan Kinerja, Kementerian Keuangan selalu meminta rekomendasi kepada Kementerian PAN-RB terkait dengan nilai kinerja instansi dan tingkat besaran yang dapat diberikan dihadapkan dengan capaian kinerja instansi tersebut dari aspek Reformasi Birokrasi.

“Kita dapat mencapai hasil yang optimal dalam setiap penilaian Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di satuan kita. Kita semua beserta unsur organisasi, secara bersama-sama harus dapat melaksanakan peningkatan kinerja secara terus menerus,” tambah Kaskostrad.

“Dengan kegiatan ini, saya berharap kepada para peserta sekalian untuk dapat mengambil nilai positif  terhadap semua koreksi agar dapat terhindar dari kesalahan dan penyimpangan yang semakin jauh, segera laksanakan perbaikan apabila ditemukan suatu kesalahan, penyimpangan ataupun kekurangan sehingga dapat berjalan selalu dalam track yang benar dan dapat mencapai kemajuan seperti yang kita harapkan bersama,” harap Kaskostrad.

Diakhir amanat, Kaskostrad mengingatkan kembali kepada seluruh peserta untuk mempedomani beberapa hal diantaranya, pedomani, ikuti dan laksanakan semua petunjuk yang akan diberikan oleh Tim Monitoring dan Penilaian Reformasi Birokrasi Angkatan Darat selama kegiatan ini. 

Cermati, tanyakan dan dalami hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di tingkat Kotama dan Balakpus agar diperoleh pemahaman secara mendalam sehingga ke depan pelaksanaannya akan semakin meningkat.

Ketiga, catat baik-baik hal-hal yang didapat selama kegiatan ini dan selanjutnya teruskan dan informasikan hal tersebut sampai anggota yang paling bawah, sehingga semuanya menjadi paham tentang Reformasi Birokrasi ini.

■ R-01/IT/Penkostrad

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved