Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan Terima Penghargaan dari Kemen-PAN RB - INFONEWS.CO.ID

Minggu, 15 Desember 2019

Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan Terima Penghargaan dari Kemen-PAN RB

Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan Terima Penghargaan dari Kemen-PAN RB

Bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Internasional tanggal 9 Desember 2019, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada 506 unit kerja dari 63 instansi pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas (ZI).
Pada acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin ini, penghargaan diberikan kepada 16 pimpinan kementerian/lembaga/pemda yang berhasil membangun ZI secara masif, Satker peraih predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta pimpinan yang mempelopori pembangunan ZI.
Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.I.K.,M.H. adalah salah satu di antaranya sebagai penerima penghargaan sebagai “Pelopor Perubahan Pembangunan Zona Integritas (ZI)” dari Kemenpan RB RI. Didampingi oleh Ketua Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik IPTU Luhur Fachri S.I.K dan Ketua Program Penguatan Tata Laksana IPDA Fika Putri S.Trk, Dony menerima penghargaan tersebut dari Menpan RB RI Tjahyo Kumolo di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.
Penghargaan tersebut diberikan karena AKBP Dony Setiawan dinilai berjasa membangun ZI di tempatnya berdinas sebelumnya yaitu di Polres Solok Kota. Dony sebagai pelopor pembangunan ZI telah mengawal Polres Solok Kota berhasil meraih predikat WBK tahun 2018 dan sekaligus WBBM di tahun 2019.
Dengan tangan dinginnya, Dony telah membawa keberuntungan bagi Polres Solok Kota sehingga didaulat menjadi Satker pertama dan satu-satunya peraih WBBM dari Polda Sumbar bahkan Provinsi Sumbar. Pada tahun 2019, hanya ada 5 Satker pada lingkungan Polri yang berhasil meraih predikat WBBM yaitu Polres Solok Kota, Polres Mojokerto, Polres Malang, Polres Lamongan dan Polres Metro Bekasi.
Dony menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan tahapan selanjutnya dari predikat WBK yang sebelumnya diraih oleh Polres Solok Kota Tahun 2018 lalu. Polres Solok Kota telah melalui beberapa tahapan pembangunan pembangunan ZI hingga bisa meraih WBBM, ujar Dony.
Satker baru akan mendapatkan predikat WBBM bila dinilai telah berhasil mempertahankan predikat WBK yang sebelumnya diraih, melanjutkan dan meningkatkan kualitas pembangunan ZI pada tiap program komponen pengungkit (manajemen perubahan, penguatan tata laksana, manajemen SDM, akuntabilitas kinerja, pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik), berhasil melalui tahapan penilaian internal dan tim penilai nasional dengan hasil sangat baik serta lolos hasil survei eksternal  indeks persepsi korupsi dan kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik” Ujar Dony.
Lebih jelasnya kata Dony, Satker peraih predikat WBBM harus berhasil meraih kepercayaan publik, menjadi role model atau percontohan oleh Satker-Satker lainnya, memiliki produktifitas kinerja yang tinggi, memiliki program layanan unggulan, komitmen bersama dalam menjaga integritas dan kualitas pelayanan publik, mengelola manajemen media yang baik, dan inovasi pada tiap-tiap area perubahan.
Dony mengaku bahwa banyak sekali menerima ucapan selamat dari personel Polres Solok Kota. Ucapan selamat disertai doa dan terima kasih atas perjuangan mengangkat nama Polres Solok Kota sehingga dapat meraih predikat WBMM.
Dony pun berterima kasih kepada personel Polres Solok Kota atas keikhlasan dan pengorbanannya selama ini serta menitip pesan kepada personelnya untuk menjaga dan mempertahankan predikat WBBM yang sudah diraih. Hal ini tidak gampang, butuh komitmen bersama yang berkelanjutan agar Polres Solok Kota tetap diakui oleh masyarakat dan stakeholder.
Dengan pola manajemen media yang sudah transparan dan akuntabel, penurunan kualitas kinerja dan pelayanan publik akan sangat cepat dirasakan oleh masyarakat dan ini sangat berpengaruh terhadap evaluasi predikat WBBM. Bila nanti ada aduan masyarakat terkait penurunan kualitas kinerja dan pelayanan, kemudian setelah dievaluasi oleh tim penilai internal dan nasional maka predikat WBMM ini akan dicabut, ungkap Dony.
Pemkot Payakumbuh mengapresiasi penghargaan yang telah diraih oleh AKBP Dony Setiawan. Walikota melalui Sekda Drs Rida Ananda M.Si mengatakan bahwa Pemkot sangat mengapresiasi penghargaan yang telah diterima oleh AKBP Dony. “Sebagai ungkapan rasa bangga kami, kami telah memasang spanduk ucapan selamat kepada AKBP Dony di beberapa tempat di Kota Payakumbuh. Kami mendukung sepenuhnya, karena AKBP Dony mempunyai visi yang bagus untuk bersama kami membangun negeri“, ujar Rida.
Wakapolres Payakumbuh Kompol Arie Sulistyo Nugroho S.I.K.,M.H mengungkapkan saat Kapolres kami menerima penghargaan di Jakarta, kami nonton bareng seluruh anggota Polres Payakumbuh melalui channel live streaming youtube yang disediakan oleh Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan RB. “Semua personel Polres Payakumbuh merasa bangga dengan prestasi yang diraih bapak Kapolres. Kami semua berharap semoga Kapolres nantinya akan melakukan hal yang sama memajukan Polres Payakumbuh seperti halnya di Polres Solok Kota, dan kami akan mendukung sepenuhnya kebijakan beliau“, ujar Arie. (AP)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved