Anies Intruksikan BPBD Siaga Hadapi Musim Hujan


INFONEWS ■ Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tiga kata kunci utama dalam menghadapi musim hujan, yaitu Siaga, Tanggap, dan Galang. Hal itu ditegaskan saat menjadi Inspektur Upacara Apel Kesiapan dalam Tanggap Musim Hujan Tahun 2018/2019 di Lapangan Promotor Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat ( 16/11).

Kebijakan ini disampaikan Gubernur Anies di hadapan ribuan petugas gabungan dari Satpol PP DKI Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III.

“Masalah banjir adalah bentuk dari curah hujan yang tinggi yang tidak terserap ke dalam bumi. Karena itu, kita harus melakukan antisipasi jangka pendek dan jangka panjang,” ujar Anies.

Dalam jangka pendek adalah melakukan antisipasi melalui acara ini untuk menunjukkan kepada warga Jakarta bahwa seluruh jajaran DKI dalam kondisi siap, tanggap, dan mampu untuk menggalang.

Berdasarkan data dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, terdapat 30 titik rawan genangan di wilayah DKI Jakarta, yaitu 6 titik di Jakarta Barat, 13 titik di Jakarta Selatan, 4 titik di Jakarta Pusat, 4 titik di Jakarta Timur, dan 3 titik di Jakarta Utara.

Pada upacara tersebut, Anies menyempatkan diri mengecek semua peralatan dan perlengkapan penanggulangan banjir, seperti perahu karet, pelampung, pompa mobile, dapu RF umum, dan lainnya.

Untuk diketahui, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta juga terus melakukan pengaturan dalam mempersiapkan kedatangan musim hujan.

Dinas SDA DKI Jakarta yang akan menjamin lumpur atau sampah di sungai dan got-got sudah dikeruk agar tidak menyumbat saluran air, Dinas Lingkungan Hidup DKI memiliki armada pengangkut sampah yang bersumber dari pintu-pintu air, Dinas Kesehatan DKI berkoordinasi dengan PMI dan Dinas Sosial DKI, serta BPBD DKI, siap memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Insha Allah, kita semua diberikan kenyamanan di dalam menjalankan tugas. Dan, Insha Allah, amanat yang dititipkan kepada kita, tentu akan dituntaskan dengan sebaik-baiknya,” tutup Anies.

■ JOKO / AYIT PBK
loading...

Belum ada Komentar untuk "Anies Intruksikan BPBD Siaga Hadapi Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel