Korban Tsunami Masih Butuh Selimut dan Kebutuhan Bayi - INFONEWS.CO.ID
-->

Selasa, 25 Desember 2018

Korban Tsunami Masih Butuh Selimut dan Kebutuhan Bayi

 Korban Tsunami Masih Butuh Selimut dan Kebutuhan Bayi


INFONEWS.CO.ID ■ Membantu penanganan tsunami, Rumah Zakat Action yang merupakan unit Penanggulangan Bencana Rumah Zakat telah menerjunkan 50 relawan evakuasi dan mengirimkan bantuan sejak hari pertama bencana terjadi.

"Rumah Zakat Action telah menyiapkan program Penanggulangan Bencana berdasarkan fase dan jangka waktu yang ditetapkan pemerintah setempat. Tahapan aksi pada fase tanhhap darurat, fase transisi, dan fase recovery yang merupakan program pemberdayaan berkelanjutan," tutur Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda di Kantor Rumah Zakat Jabar, Jalan Turangga, Selasa (25/12/2018).

Aksi saat ini meliputi evakuasi korban, rapid assessment, layanan media, pendistribusian logistik, dan penyiapan dapur umum. Sejumlah 4 armada ambulans disiagakan di lokasi. Hal itu dibantu dengan 7 unit kendaraan roda dua dan roda empat untuk membantu proses distribusi dan layanan bagi warga.

Pos segar dan pos hangat bagi para bayi dan lansia menjadi pelengkap yang turut dihadirkan untuk meringankan dan memberikan energi di tengah situasi tanggap darurat.

"Kondisi evakuasi yang mesih berjalan. Kerusakan rumah dan beberapa fasilitas publik menyebabkan relawan terkonsentrasi untuk proses evakuasi serta menyebabkan pengungsi di beberapa titik lokasi. Kebutuhan logistik yang saat ini diperlukan terdiri dari makanan, alas tidur, selimut, kebutuhan bayi, dan bantuan medis," jelasnya.

Untuk kebutuhan pelayanan, Rumah Zakat Action membuka posko utama yang berada di Masjid Nurul Hidayah Jaan Raya Labuan-Tanjung Lesung, Kampung Tarogong, Desa Margadana, Kecamatan Pagelaran, Banten. Ada pula Pos Kemanusiaan Tsunami Lampung Selatan di Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Di samping ity, Rumah Zakat menyiapkan 5 pos pendukung yaitu Kantor Cabang Cilegon, Kantor Cabang Bandar Lampung, Rumah Zakat Tangerang Ruko Victoria Park, Masjid RS Krakatau Medika Cilegon, Posko Sumur Kampung Paniis Desa Cigarondon, Pandeglang.

■ Rls

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved