Waspada Berlibur di Pantai Selatan Malang, Ini Kata BMKG - INFO NEWS

Senin, 24 Desember 2018

Waspada Berlibur di Pantai Selatan Malang, Ini Kata BMKG

 Waspada Berlibur di Pantai Selatan Malang, Ini Kata BMKG


INFONEWS.CO.ID ■ Kepala BMKG Karangkates Malang, Musripan mengatakan situasi di selatan pantai Malang, Jawa Timur relatif aman ketimbang selat Sunda. Diketahui tsunami Banten dan Lampung sudah menyebabkan 281 korban tewas, lebih dari 800 orang luka-luka dan ribuan orang mengungsi.

"Kita harus bedakan, selat Sunda, Banten memang ada potensinya, Gunung Krakatau pernah tsunami besar, sekarang Anak Krakatau, tsunami itu berulang. Kalau kita lihat di Jawa Timur terutama Selatan Malang tidak ada Gunung Merapi di laut," kata Musripan, Senin, 24 Desember 2018.

Musripan mengatakan, tsunami di wilayah selatan Malang bisa terjadi bila ada gempa tektonik di atas 7 skala ritcher (SR). Sejauh ini hampir setiap hari terjadi gempa di selatan Malang, namun kekuatannya di bawah 6 skala ritcher.

"Selama ini gempa tektonik yang bisa menggerakan tsunami itu di atas 7 skala ritcher. Memang sering terjadi gempa di selatan Malang, tapi kan dibawa 6 skala ritcher belum bisa menggerakan tsunami," ujar Musripan.

Musripan menyebut, situasi selatan Malang berbeda dengan Selat Sunda. Di Selat Sunda ada potensi gunung berapi Anak Krakatau. Aktivitas Gunung Anak Krakatau ataupun runtuhan Anak Krakatau dapat menyebabkan gelombang tinggi hingga tsunami.

BACA JUGA: Arti Mimpi Badan Diliputi Awan Putih 

Sedangkan alat pengukur gempa, Musripan memastikan semua alat terpasang secara nasional bukan hanya di Kantor BMKG Karangkates, Malang saja. Alat itu disebar secara nasional dibeberapa titik. Jika alat pengukur menghasilkan parameter gempa diatas 7 skala ritcher akan disebarkan ke seluruh stasiun BMKG di Indonesia.

"Alat untuk Jawa Timur ready, saya sering mengingatkan baik melalui sosialisasi atau siaran di radio, media agar selalu waspada. Bila terjadi gempa kuat, maka segera meninggalkan lokasi pantai bagi yang tempat tinggal di dekat pantai," kata Musripan.

Memasuki musim liburan natal dan tahun baru kali ini, BMKG Karangkates, Malang mengimbau seluruh wisatawan waspada jika berlibur di pantai Selatan Malang. Sebab, selama ini pantai Selatan Malang menjadi destinasi favorit para wisatawan berlibur.

"Berlibur di pantai tidak apa-apa. Asal itu tadi kalau merasakan gempa kuat atau besar segera menghindari dekat pantai, utamakan keselamatan," ujar Musripan, seperti dikutip Viva.co.id. 


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 INFO NEWS | All Right Reserved