Jelang Pemilu, Bupati Artha Ajak Warga Tidak Golput - INFONEWS.CO.ID
-->

Minggu, 14 April 2019

Jelang Pemilu, Bupati Artha Ajak Warga Tidak Golput

Jelang Pemilu, Bupati Artha Ajak Warga Tidak Golput

Jelang Pemilu, Bupati Artha Ajak Warga Tidak Golput

INFONEWS.CO.ID ■ Pelaksanaan pemilihan umum, khususnya pemungutan suara atau pencoblosan tinggal 3 hari, yakni tanggal 17 april 2019.  Berdasarkan data yang dihimpun dikabupaten Jembrana sendiri,  Pelaksanaan Pemilu itu akan diikuti :

- Jumlah parpol peserta pemilu di Jembrana adalah 13 parpol

- Jumlah caleg DPR dapil Bali sebanyak 123 orang

- Jumlah caleg DPD sebanyak 22 orang

- Jumlah caleg DPRD  Prov. Bali dapil jembrana sebanyak 41 orang

- Jumlah caleg DPRD  Kab Jembrana sebanyak 333 orang

- Jumlah pemilih berdasarkan (dpthp-3) sebanyak 235.284 pemilih.

pemilih laki-laki sebanyak 116.209 pemilih, pemilih perempuan sebanyak 119.075 pemilih.

- Jumlah TPS sebanyak 876 TPS

- Jumlah tenaga PAM  pemilu serentak 2019 di Jembrana dari unsur

Linmas sebanyak 1.752 orang, polri 508 orang serta TNI 120 orang.

Bupati Jembrana I Putu Artha, ditemui jumat ( 12/4), di Kecamatan Melaya  berharap sebagai sebuah pesta, pemilu harus dimaknai dengan penuh kegembiraan. Bergembira karena kita telah berhasil menjalankan tugas moral sebagai sebuah bangsa, yakni menjalankan perintah konstitusi untuk melakukan pemilihan umum, secara langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil. Baik pemilihan anggota wakil rakyat (DPR ri, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan anggota DPD RI). Serta memilih kembali pimpinan nasional berupa pasangan Presiden dan Wakil presiden untuk waktu lima tahun kedepan.

“Jadi pemilu itu merupakan agenda rutin lima tahunan yang harus kita selenggarakan, sesuai dengan konstitusi yang mengaturnya,” terang Bupati Artha.

Bupati Jembrana juga memberikan apresiasi positif, kinerja KPU dan Bawaslu, penyelenggara dan partai politik sebagai peserta pemilu dikarenakan jika dilihat  dari tahapan demi tahapan pemilu di kabupaten jembrana, semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Kendati ditemukan dinamika, semua masih dalam batas kewajaran dan dapat terselesaikan dengan baik.

Demikian juga dengan partai politik sebagai peserta pemilu, Bupati Artha melihat semuanya sudah dapat berprilaku dengan dewasa, sesuai dengan aturan yang ada dan telah disepakati bersama-sama oleh partai politik sendiri sebagai peserta pemilu, sesuai dengan aturan yang ada.

Khusus kepada insan pers, Bupati Artha juga  mengajak seluruh jajaran pers yang bertugas di kabupaten jembrana untuk senantiasa menjaga agar pelaksanaan pemilu dengan pemungutan suaranya berjalan dengan aman, penuh kedamaian serta bergembira.

Bupati Artha juga mengatakan sukses tidaknya pelaksanaan pemilu, tahap demi tahap itu, juga sangat ditentukan oleh keberadaan pers yang mumpuni, independen dan profesional.

“Untuk itu  di kabupaten Jembrana, menurut hemat saya, pers sudah menunjukkan sosok dan kerjanya yang profesional, penuh kedewasaan, dengan tetap menjaga serta mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa sebagai sebuah nilai yang tidak bisa ditawar," papar Bupati Artha.

Jelang pencoblosan suara beberapa hari lagi, Bupati Artha juga  memberikan beberapa catatan khusus antara lain :

1. Sebagai warga negara, mengajak untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu 17 april 2019, dengan menggunakan hak pilih kita secara baik dan bertanggung jawab.

2. Berharap di kabupaten jembrana tidak ada warga masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput. Himbauan itu juga telah disampaikan kepada seluruh ASN bawahannya agar bisa menjadi contoh dimasyrakat, dengan datang ke TPS, memberikan hak suara .

Himbauan itu bukan untuk mengekang ataupun mengarahkan ASN, karena netralitas harus tetap dijaga.

3. Pelaksanaan pemilu adalah merupakan tanggung jawab  bersama sebagai warga masyarakat dan warga negara indonesia.

4. Mengajak senantiasa mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan, serta persaudaraan sebagai sesama anak bangsa.

5. Mengingat pemilu merupakan agenda rutin lima tahunan, agar dimaknai pesta demokrasi ini dengan penuh keriang gembiraan, karena sebagai sebuah bangsa yang besar kita telah mempu melaksanakan demokrasi dengan baik dan bermartabat.

6.Terakhir, Bupati Artha juga mengajak  bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pemilu sebagai pesta demokrasi di kabupaten jembrana dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat menghasilkan produk demokrasi berupa wakil rakyat yang benar - benar mumpuni. Ia optimis pelaksanaan pemilu di Jembrana berjalan aman dan lancar, karena berdasarkan pemetaan , Kabupaten Jembrana bukan kategori rawan. Kendati demikian, Ia tetap meminta kewaspadaan dan kesigapan aparat dan pelaksana  harus tetap dijaga.

 ■ Made Asnawa

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved