Ketegangan di Teluk Meningkat, Raja Salman Panggil Petinggi Liga Arab - INFONEWS.CO.ID
-->

Senin, 20 Mei 2019

Ketegangan di Teluk Meningkat, Raja Salman Panggil Petinggi Liga Arab

Ketegangan di Teluk Meningkat, Raja Salman Panggil Petinggi Liga Arab


INFONEWS.CO.ID ■ Arab Saudi telah menyerukan pertemuan darurat Dewan Kerjasama Teluk regional dan Liga Arab untuk membahas meningkatnya ketegangan di kawasan itu, kata kantor berita resmi kerajaan itu, pada Sabtu.

Saudi Press Agency (SPA) mengatakan Raja Salman telah mengundang para pemimpin Teluk dan negara-negara Arab ke dua KTT darurat di Mekah pada 30 Mei untuk membahas "agresi dan konsekuensi mereka" baru-baru ini di wilayah tersebut.

Ketegangan meningkat di Teluk, dengan Amerika Serikat mengerahkan kapal induk dan pembom di sana atas dugaan ancaman dari Iran.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan negaranya tidak ingin berperang dengan Iran, tetapi siap untuk membela kepentingannya.

Riyadh “tidak menginginkan perang, tidak mencarinya dan akan melakukan segalanya untuk mencegahnya”.

Uni Emirat Arab “menyambut” undangan Arab Saudi.

Empat kapal, termasuk dua kapal tanker minyak Saudi, rusak dalam serangan sabotase misterius Minggu lalu di Fujairah UEA, yang terletak di pintu masuk area penting ke Teluk.

Insiden ini diikuti oleh serangan pesawat tak berawak pada Selasa oleh pemberontak Huthi Yaman pada pipa minyak utama Saudi, yang menyediakan rute ekspor alternatif jika Selat Hormuz ditutup.

Iran telah berulang kali mengancam akan mencegah pengiriman di Hormuz dalam kasus konfrontasi militer dengan Amerika Serikat, yang telah menjatuhkan sanksi pada Teheran dalam beberapa bulan terakhir.

Jubeir mengatakan UEA memimpin penyelidikan ke kapal tanker minyak yang rusak, tetapi menambahkan bahwa "kami memiliki beberapa indikasi dan kami akan membuat pengumuman setelah penyelidikan selesai".

Terlepas dari skeptisisme internasional, pemerintah AS telah menunjuk pada meningkatnya ancaman dari Iran, musuh lama dan juga saingan sekutu AS, Israel dan Arab Saudi.

SPA pada hari Minggu mengatakan putra mahkota Saudi berbicara di telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tentang upaya untuk meningkatkan keamanan di wilayah tersebut. (AFP)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved