Hubungan Sinar Matahari dengan Kecerdasan Otak, Ternyata Ada Efek Menakjubkan! - INFONEWS.CO.ID
-->

Sabtu, 24 November 2018

Hubungan Sinar Matahari dengan Kecerdasan Otak, Ternyata Ada Efek Menakjubkan!

 Hubungan Sinar Matahari dengan Kecerdasan Otak, Ternyata Ada Efek Menakjubkan!


Anda ingin memiliki otak yang lebih cerdas? Coba singkirkan dulu makanan sehat bernutrisi tinggi, susu, atau ikan. Sebab, penelitian baru menyebutkan bahwa berjalan di bawah sinar matahari ternyata bisa membuat otak Anda menjadi lebih cerdas.

Selama ini, Anda tentu tahu bahwa jika ingin otak menjadi cerdas maka asupan omega-3, omega-6, zat besi, kolin, alfa laktalbumin, dan vitamin B-12 harus terpenuhi. Zat-zat ini harus dipenuhi karena masa awal pembentukan kecerdasan otak sudah harus terpenuhi sejak Anda masih anak-anak.

Namun sebenarnya ada hal yang lebih sederhana untuk membuat otak lebih cerdas, yakni dengan terbiasa terpapar sinar matahari. Memang terdengar agak aneh, tapi ini adalah hasil penemuan baru, meski perlu penelitian lebih lanjut.

Hubungan sinar matahari dengan kecerdasan otak

Dalam dosis kecil, sinar UV dari matahari dapat memicu proses kimia yang meningkatkan memori dan pembelajaran. Hal ini sudah diuji coba pada tikus oleh ilmuwan Universitas Sains dan Teknologi China. Mereka berharap sinar matahari juga memiliki efek yang sama pada otak manusia.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Mei dalam jurnal Cell, para ilmuwan membiarkan sekelompok tikus terkena sinar UVB dan sinar ultraviolet gelombang pendek selama 2 jam. Itu setara dengan 30 menit terpapar sinar matahari. Para peneliti kemudian mengevaluasi keterampilan motorik tikus dengan tes rotarod, yakni tikus menyeimbangkan batang yang berputar, diikuti oleh percobaan memori dengan tikus harus mengendus objek yang baru dikenalnya.

Hasilnya, paparan sinar matahari bisa meningkatkan asam urocanic dalam darah tikus. Nantinya, zat itu diubah di otak menjadi glutamat yang menjadikan otak memiliki energi untuk melepaskan neurotransmiter ke korteks motorik, tempat gerakan refleks berasal. Selain itu, paparan sinar matahari juga membuat hippocampus – unit penyimpanan utama otak untuk memori jangka panjang – bekerja lebih baik.

Para peneliti berkesimpulan bahwa tikus yang terkena sinar UVB menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan motorik dan tes pengenalan objek dibandingkan dengan tikus yang tidak terkena.

Diharapkan bisa terjadi pada manusia

Melalui serangkaian tes dan hasilnya, para peneliti peneliti kini berharap sinar matahari juga dapat menghasilkan memori dan peningkatan belajar bagi otak manusia. Peneliti utama, Xiong Wei, mengatakan kepada China Daily bahwa dia berencana menggunakan penelitian ini untuk memahami fungsi molekuler penyakit Alzheimer dan Parkinson dan mengidentifikasi dua penyakit itu sebelum menghancurkan otak.

“Untuk mendiagnosis dua penyakit pada tahap awal, yang sebenarnya sangat sulit, kami ingin menemukan beberapa molekul kecil yang bisa berfungsi sebagai biomarker (hubungan antara paparan lingkungan dan timbulnya kerusakan atau dampak buruk pada organisme),” ujar Xiong Wei.

Memang, dalam kenyataannya, sinar UVB itu hanya 10 persen yang masuk ke atmosfer bumi, tapi itu sangat berguna bagi manusia. Jika penelitian soal paparan sinar matahari bagi kecerdasan otak masih belum teruji kebenarannya, minimal paparan UVB dapat membangkitkan produksi vitamin D di kulit, menghasilkan oksida nitrat yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan meningkatkan pelepasan endorfin untuk meningkatkan suasana hati.

Dengan penelitian ini, tidak ada salahnya untuk membiarkan tubuh Anda beberapa saat terpapar matahari demi kecerdasan otak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 5-15 menit paparan sinar matahari dalam 2 sampai 3 hari seminggu sudah cukup untuk kesehatan Anda. Meski demikian, lakukanlah di bawah matahari saat pagi, dan secukupnya, agar tidak berisiko terkena kanker kulit karena terlalu lama terpapar sinar matahari. (HNS/RVS/klikdokter)





BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved