BNPB Imbau Masyarakat Hindari Aktivitas di Sekitar Pantai - INFO NEWS

Minggu, 23 Desember 2018

BNPB Imbau Masyarakat Hindari Aktivitas di Sekitar Pantai

 BNPB Imbau Masyarakat Hindari Aktivitas di Sekitar Pantai


INFONEWS.CO.ID ■ Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menghimbau masyarakat sementara ini agar menghindari wilayah pantai.

Himbauan itu disampaikan menyusul dugaan masih adanya aktifitas anak gunung krakatau yang bisa saja mengakibatkan erupsi hingga menimbulkan pengaruh kenaikan gelombang air laut.

Saat ini, evakuasi korban tsunami di Selat Sunda terus dilakukan oleh tim gabungan. Jumlah korban terus bertambah. Hingga 23/12/2018 pukul 10.00 WIB tercatat 62 orang meninggal dunia, 584 orang luka & 20 orang hilang. Ratusan rumah dan bangunan rusak. Alat berat dikerahkan untuk evakuasi.

Seperti diwartakan sebelumnya, masyarakat di sekitar Pantai Anyer dan Lampung Selatan dikagetkan dengan adanya air laut naik yang menerjang bangunan di sekitar pantai pada 22/12/2018 pukul 21.30 WIB.

Gelombang naik cukup besar itu datang bersamaan dengan kencang. Fenomena ini disebabkan oleh adanya gelombang pasang. Apalagi saat ini sedang bulan purnama sehingga menyebabkan permukaan air laut naik.

Berdasarkan hasil pengamatan data pasang surut dari papan pengukuran (tidegauge) dari BMKG, beberapa data menujukkan bahwa memang terjadi pasang yaitu:

a. Tidegauge Serang tercatat pukul 21.27 WIB ketinggian 0.9 meter.
b. Tidegauge Banten tercatat pukul 21.33 WIB ketinggian 0.35 meter.
c. Tidegauge Kota Agung Lampung tercatat pukul 21.35 WIB ketinggian 0.36 meter
d. Tidegauge Pelabuhan Panjang tercatat pukul 21.53 WIB ketinggian 0.28 meter.

BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD dan relawan masih melakukan penanganan di lapangan. Evakuasi dilakukan di beberapa tempat. Pendataan dan penanganan masih dilakukan saat ini.

Masyarakat dihimbau tetap tenang. Tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan. Untuk sementara hindari aktivitas di sekitar pantai. Perhatikan kondisi lingkungan yang ada.

■ Sri Wigati

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2017 INFO NEWS | All Right Reserved