Ini Beda Rugby dan American Football - INFONEWS.CO.ID

Sabtu, 23 November 2019

Ini Beda Rugby dan American Football

Ini Beda Rugby dan American Football


Bagi mereka yang menyukai olahraga ini, American Football dan Rugby adalah olahraga yang sangat berbeda. Tetapi untuk mereka yang tidak terlalu mengenalnya, kedua olahraga ini dapat terlihat sangat mirip. Memang sulit bagi mata awam untuk membedakan kedua olahraga kontak fisik ini. Dan berikut perbedaan American Football dan Rugby.

Asal Usul




Awal mula Rugby di Inggris diperkirakan berasal dari abad ke-19. Terbukti pada tahun 1800-an, Rugby sudah diperkenalkan di sekolah-sekolah terkenal di Inggris. Sementara American Football diperkirakan merupakan pengembangan lebih lanjut dari Rugby. Dikatakan bahwa orang Inggris membawa permainan ini ke Kanada pada akhir abad 19 yang kemudian menyebar ke Amerika. Pada saat itu keduanya tidak dibedakan seperti sekarang. Di Amerika, Rugby mengalami berbagai jenis modifikasi dalam teknis maupun peraturan permainan sehingga menjadi olahraga yang kini dikenal dengan American Football.

Bola




kiri Rugby kanan American Football
Pada American Football bola yang digunakan adalah sebuah bola yang berbentuk bulat lonjong. Dengan ukuran panjang sekitar 28 cm (11 inci) dan ukuran lingkar tengah sekitar 56 cm (22 inci). Pada Rugby bola yang digunakan adalah sebuah bola yang berbentuk bulat lonjong berbentuk mirip bola pada American Football namun cenderung lebih bulat. Dengan ukuran panjang sekitar 27 cm dan ukuran lingkar tengah sekitar 60 cm.

Alat Pelindung




Pada American Football, para pemain diharuskan untuk menggunakan protective gears yang lengkap, mulai dari helm, shoulder/chest pad, upper leg padding, dan pelindung mulut.
Sementara pemain Rugby hanya diminta untuk mengenakan padding sederhana pada kepala, bahu, dan tulang selangka. Tapi, wajib untuk menggunakan pelindung mulut.. Itu sebabnya pemain Rugby juga diajarkan untuk menjegal pemain lawan dengan aman.

Lapangan




Meski pada dasarnya American football dan rugby sama-sama mengharuskan pemain untuk merebut bola, lapangan yang digunakan ternyata berbeda. Rugby memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dari American football, yakni 100x70 meter. Sedangkan, lapangan yang digunakan dalam olahraga American football berukuran 109,7x48,8 meter. Tetapi, panjang yang digunakan hanya sekitar 91,4 meter dengan dua end zones sepanjang 9.14 meter.

Jumlah Pemain




Dari aspek pemain, sudah terlihat perbedaan antara American football dan rugby. Jika American football dimainkan antara dua tim dengan masing-masing sebelas pemain, maka tiap tim dalam rugby terdiri dari lima belas orang. Dalam American football, diperbolehkan untuk mengganti pemain sebanyak apapun yang diinginkan. Hal tersebut berbeda dari rugby yang hanya memperbolehkan setiap tim untuk melakukan pergantian pemain sebanyak tujuh kali.


Peraturan Permainan

Tujuan dari permainan American Football adalah untuk mencetak poin dengan cara membawa bola melintasi garis akhir zona lawan (disebut “touch down”) atau menendang bola agar masuk di antara tiang gawang lawan. Sebuah touchdown akan bernilai 6 poin sementara tendangan bernilai 3 poin. Setelah setiap touch down, tim yang mencetak angka memiliki kesempatan untuk mencetak poin tambahan melalui tendangan ke gawang yang bernilai 1 poin atau touch down yang bernilai 2 poin.
Setiap tim mendapat 3 jatah time-out setiap setengah permainan. Permainan akan dimulai dengan kick off dimana kedua tim berbaris saling berhadapan. Pemain penerima bola dapat berlari membawa bola atau mengopernya. Pemain lawan dibolehkan untuk menjegal dan menjatuhkan pembawa bola, maupun pemain lain yang tidak membawa bola. Putaran akan selesai ketika pembawa bola berhasil dijatuhkan atau bola keluar dari batas lapangan. Setiap tim harus bergerak maju memindahkan bola sejauh 10 yard dalam 4 downs. Jika mereka gagal melakukannya, tim lain mendapat kesempatan. Jika mereka berhasil, mereka akan mendapatkan kesempatan lagi untuk bergerak maju sejauh 10 yard dalam 4 downs.


Tujuan dari permainan Rugby adalah mencetak poin dengan membawa bola kemudian melintasi garis akhir zona lawan dan menyentuhkan bola ke lapangan (disebut “try”) atau menendang bola agar masuk di antara tiang gawang lawan. Sebuah try akan bernilai 5 poin sedangkan tendangan bernilai 1 poin. Setelah setiap try, tim yang mencetak angka memiliki kesempatan untuk mencetak 2 poin tambahan melalui tendangan ke gawang.
Tidak ada time-out dalam Rugby. Permainan akan dimulai dengan kick off dimana kedua tim bersaing untuk merebut bola. Pemain dibagi menjadi pemain depan dan pemain belakang. Dimana pemain depan seringkali bertubuh lebih besar dan lebih kuat dan memiliki pekerjaan utama untuk merebut bola. Pemain belakang biasanya bertubuh lebih kecil, lebih cepat, dan lebih lincah dan ditugaskan untuk mengeksploitasi bola.


Pemain yang mendapat bola dapat berlari membawa bola, menendang, atau mengoper bola ke pemain lain. Namun, operan yang dibolehkan hanya operan ke samping dan belakang saja. Pemain lawan boleh menjatuhkan pembawa bola setiap saat. Namun, tidak diperbolehkan untuk mencegat seorang pemain dari tim lawan yang tidak membawa bola. Hal ini adalah alasan utama mengapa Rugby jauh lebih aman daripada American Football. Jika bola telah melewati garis gawang tim lawan, berarti sebuah try berhasil dicetak yang bernilai 5 poin.

Batas Waktu


Pada American Football permainan dilakukan selama 4 quarter (kuartal) dimana 1 quarter berlangsung selama 15 menit, dan diselingi dengan jeda waktu setelah quarter kedua. Sedangkan pada Rugby permainan dilakukan selama 2×40 menit dengan waktu jeda diantara keduanya selama 5 menit. (*/IN-001)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved