Tiga Negara "Tersembunyi" yang Belum Diakui PBB - INFONEWS.CO.ID

Senin, 17 Februari 2020

Tiga Negara "Tersembunyi" yang Belum Diakui PBB

Tiga Negara "Tersembunyi" yang Belum Diakui PBB

Tahukah kamu sebenarnya ada banyak negara yang belum diakui oleh organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Karena banyak persoalan kebijakan luar negeri atau diplomatik saat ini hanya ada 193 negara yang menjadi anggota dari organisasi tersebut. Nah, kira-kira negara mana saja yang belum mendapatkan pengakuan dari PBB? Berikut daftarnya:

1. TRANSNISTRIA


(ISTIMEWA)

Negara ini mempunyai nama resmi Pridnestrovian Moldavian Republic yang terletak di antara Ukraina dan Moldova. Meski masih dianggap sebagai bagian wilayah Moldova oleh PBB, namun Negara ini memiliki bendera, mata uang, dan hari kemerdekaannya sendiri. Ibu Kota Transnistria adalah Tiraspol.

(Sputnik News)

Ada banyak sisa-sisa kejayaan Uni Soviet di negara ini, misalnya patung Lenin. Untuk menuju ke sini, ada bus dan kereta setiap hari dari Chișinău, Moldova dan dari Odessa, Ukraina. Untuk visa, kamu hanya diizinkan untuk tinggal selama 24 jam di Transnistria secara gratis, tapi tenang aja karena visa bisa diperpanjang setelah kamu berada di negara ini.

2. REPUBLIK ARTSAKH


(ISTIMEWA)

Akibat dari Perang Karabakh yang mengerikan pada tahun 1994, menyisakan berbagai masalah bagi PBB. Mayoritas Negara ini dihuni oleh orang kristen Armenia yang tinggal di antara perbatasan Azerbaijan dan Armenia. Tempat ini dikenal banyak orang sebagai "Nagorno Karabakh". Sementara nama resmi negara ini adalah Republik Artsakh.
Tidak ada bandara atau mata uang terpisah di sini karena mereka menggunakan dram Armenia, tapi ada sejumlah pemandangan menarik seperti biara-biara kuno, Kota Agdam yang hancur dan Museum Stepanakert.

(Artsakh)

Untuk menuju ke sana, kamu harus masuk melalui darat melalui Armenia karena tidak ada bandara yang berfungsi. Ada minibus harian dan mobil sewaan dari sebagian besar kota di dekat perbatasan, terutama dari Goris.
Pastikan kamu memiliki visa untuk Artsakh, yang bisa kamu dapatkan di Yerevan atau dengan menghubungi Departemen Luar Negeri di Stepanakert begitu kamu sampai.

3. OSSETIA SELATAN


(ISTIMEWA)

Tempat ketiga adalah Ossetia Selatan. Menurut PBB, negara ini masuk wilayah Georgia. Tapi, untuk ke Ossetia Selatan kamu harus masuk dari Rusia dan pastikan sudah mengatur perjalanan kamu terlebih dahulu. Populasi negara ini lebih dari 50 ribu dan Tskhinvali sebagai Ibu Kota. Ossetia Selatan mendeklarasikan kemerdekaan dari Georgia pada tahun 1991, tapi ditolak oleh Georgia.
Sejak itu ada konflik lebih lanjut di wilayah ini dan masih diperdebatkan sampai sekarang. Untuk menuju ke sini, kamu cuma bisa masuk dari Rusia. Makanya kamu butuh visa untuk Rusia, kamu perlu ingat bahwa kamu akan memerlukannya sebagai double entry kalau berencana untuk mengunjungi Ossetia Selatan.

(Wikimapia)

Untuk transportasi, ada bus yang beroperasi dari Vladikavkaz ke Tskhinvali setiap hari. Untuk kamu yang bukan warga negara Rusia, untuk melakukan perjalanan ke Ossetia Selatan kamu harus menerima izin dari Kementerian Luar Negeri Ossetia Selatan, hal ini bisa dilakukan melalui email tapi di gerbang perbatasan bisa ada masalah dan ditunda. (*/IN-001)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved