Menag Ajak Membumikan Dakwah Islam dengan Pendekatan Sufistik - INFONEWS.CO.ID
-->

Jumat, 12 April 2019

Menag Ajak Membumikan Dakwah Islam dengan Pendekatan Sufistik

  Menag Ajak Membumikan Dakwah Islam dengan Pendekatan Sufistik

  Menag Ajak Membumikan Dakwah Islam dengan Pendekatan Sufistik

INFONEWS.CO.ID ■ Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengajak ulama sufi untuk ikut mewarnai dakwah di media sosial.

Hal itu disampaikan Lukman pada Rabu (10/4) saat menutup Konferensi Ulama Sufi Internasional yang berlangsung di Pekalongan. 

“Hari ini, saya mengajak kepada kita semua untuk dapat terus membumikan dakwah Islam dengan pendekatan sufistik yang cerdas dan cermat. Mari kita isi media sosial kita dengan hal-hal yang positif dan penuh hikmah,” ucap Menag di Pekalongan, Rabu 10 April 2019.

Konferensi Ulama Sufi Internasional atau Multaqa Sufi Al-Alamy ini berlangsung sejak 8 April 2019. Multaqa diprakarsai oleh Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN). Konferensi ini diikuti 87 ulama sufi dari 36 negara dan dihadiri sekira 3.500 peserta dari kalangan ulama ahli tarikat Indonesia.

“Mari kita isi dunia dakwah kita dengan ngaji rasa. Mari kita banjiri dunia dakwah kita di media sosial dengan uswah hasanah, tidak sekadar mau’izhah hasanah. Mari kita menjadi bumi yang menopang semua orang, menjadi mendung yang menaungi semua insan dan air hujan yang menyuburkan alam,” kata dia.

Menurut Lukman, kaum sufi itu seperti bumi, yang diinjak oleh orang saleh maupun pendosa; juga seperti mendung, yang memayungi segala yang ada; seperti air hujan, yang mengaliri segala sesuatu.

Para sufi lekat dengan kreatifitas dalam dakwah. Bahkan, kreatifitas itu menjadi sesuatu yang distingtif. Mereka menggunakan Halaqah Dzikir (majlis zikir), Khalwat-khalwat Alquran, dan Zawiyah sufiyah yang dikembangkan sesuai kondisi zamannya.

Kreatifitas yang sama diperlukan dalam merespon tantangan dakwah era milenial dengan segala perangkat digital dan media sosial. Karenanya, dibutuhkan upaya serius dari kaum sufi untuk menggarap aksi dakwah yang dapat mengangkat harkat dan martabat umat Islam, terutama di media sosial.

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved