Anggota DPR RI Termuda, Ini Profil Hillary Brigitta Lasut dari Sulut - INFONEWS.CO.ID

Minggu, 01 September 2019

Anggota DPR RI Termuda, Ini Profil Hillary Brigitta Lasut dari Sulut

Anggota DPR RI Termuda, Ini Profil Hillary Brigitta Lasut dari Sulut


Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) menetapkan 575 caleg anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024, Sabtu (31/8/2019). Hillary Brigitta Lasut, menjafi Anggota DPR terpilih termuda. Kader Partai Nasional Demokrat (NasDem) Dapil Sulawesi Utara itu masih berusia 23 tahun. Selain Hillary, terpilih pula sembilan caleg muda dari usia 23 hingga 26 tahun, yang ditetapkan KPU. Mereka adalah 1) Muhammad Rahul (23 tahun) Partai Gerindra dapil Riau I, 2) Farah Puteri Nahlia (23) PAN dapil Jabar IX, 3) Fachry Pahlevi Konggoasa (24) PAN dapil Sulawesi Tenggara, 4) Arkanata Akram (24) Partai Nasdem dapil Kalimantan Utara, 5) Adrian Jopie Paruntu (25) Golkar dapil Sulawesi Utara, 6) Rizki Aulia Rahman Natakusumah (25) Demokrat dapil Banten I, 7) Puteri Komarudin (26) Golkar dapil Jabar VI, 8) Bramantyo Suwondo (26) Demokrat dapil Jateng VI dan 9) Dyah Roro Esti (26) Golkar dapil Jawa Timur X. Total ada sepuluh anggota DPR RI periode 2019-2024 yang berumur 23 hingga 26 tahun.

Profil Hillary Brigitta Lasut

Hillary Brigita Lasut lahir di Manado, Sulawesi Utara, 22 Mei 1996. Lolos ke Senayan sebagai wakil rakyat daerah pemilihan Sulawesi Utara, dengan meraup 70.345 di Dapil Sulawesi Utara dengan nomor urut 2 Partai NasDem.
Sebelum terjun ke politik, Hillary Lasut adalah supervisor bisnis area di sebuah perusahaan besar di Indonesia. Ia juga pernah menjadi direktur di sebuah perusahaan obat-obatan Cina di Jakarta.

Fakta-Fakta Menarik Hillary Brigitta Lasut

Pertama, Hillary Brigitta Lasut adalah putri dari ayah dan ibu yang juga berkecimpung di dunia politik. Ayah Brigitta lasut adalah Dr. Elly Engelbert Lasut, Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024. Elly Lasut juga pernah menjabat Bupati Kepulauan Talaud selama dua periode, yakni pada 2004-2009 dan 2009-2012.

Ibunda Hillary Brigitta adalah Telly Tjanggulung, mantan Bupati Minahasa Tenggara periode 2008-2013.

Kedua, nama Hillary secara spontan mengingatkan kita akan Hillary Clinton, politisi yang juga istri Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat. Besar kemungkinan, nama ini dipilih oleh ayah dan ibu Hillary Brigitta yang juga adalah pasangan politisi. Kiranya orang tua Hillary Brigitta Lasut berharap agar putri semata wayang mereka juga mengikuti jejak orang tua menjadi politisi.

Ketiga, Hillary ingin masuk komisi III (bidang hukum). Hillary Brigitta Lasut menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan. Jenjang master ia tempuh di Washington University jurusan hukum internasional. Hillary sedang melanjutkan studi doktoral di bidang hukum di Universitas Pelita Harapan. Hillary ingin agar dirinya sebagai legislator milenial dimasukkan sebagai anggota Komisi III DPR RI yang membidangi masalah hukum.

Keempat, Hillary sejak kecil telah mengenyam pendidikan yang baik dan terbilang sebagai remaja berprestasi. Saat masih berusia 14 tahun, ia pernah menjadi peserta Bunaken Teen Idol (2009), Leadership Booth Camp Excelent Leader (2009), dan Miss Manado International School (2009).

Ia terpilih sebagai Ketua OSIS SMA 1 Manado (2013-2014), Pembawa Baki Bendera Merah Putih Paskibraka Kota Manado (2013). Ia juga pernah terlibat dalam Karantina dan Pelatihan Duta Paskibraka Indonesia (2013) mewakili Manado.

Hillary Brigitta adalah pelajar berprestasi. Ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang berhasil ia raih. Antara lain, ia adalah peraih "4 Besar Nilai rata-rata Ujian Nasional Tertinggi Se-Provinsi Sulawesi Utara Ilmu Sosial (50.00)" Tahun 2014 dan penerima Beasiswa Platinum (100% Full Scholarship) untuk menempuh gelar S1 di Universitas Pelita Harapan (2014).

Kelima, Hillary adalah jago debat. Ia tercatat pernah menjadi "3rd Winner Of  the Extemporaeous Speech Contest (2011)" dan peraih juara II Debat Internal FH UPH (2014).

Keenam, Hillary memilih untuk jadi politisi milenial yang rendah hati. Meski dirinya berasal dari keluarga politisi lokal ternama, saat diwawancarai mengenai hal itu, Hillary menjawab dengan diplomatis,  "Saya tidak datang dengan latar belakang, saya bukan anak siapa-siapa, saya datang dengan kualitas diri."

Ketujuh, Hillary jadi pemompa semangat kedua orang tuanya. Menurut penuturan orang tuanya, Hillary adalah pemompa semangat bagi kedua orang tuanya, terutama bagi ayahnya yang pernah terjerat sebuah kasus hukum. Ibunda Hillary, Telly Tianggulung mengatakan bahwa Hillary begitu bersemangat belajar hukum karena dilatarbelakangi oleh kondisi papanya dulu yang pernah mengalami masalah-masalah hukum.

Sekadar informasi, ayah Brigitta sempat terseret dugaan perkara penyelewengan dana Gerakan Daerah Orangtua Asuh atau GD-OTA Kabupaten Talaud tahun 2007 senilai Rp 1,5 miliar. Namun pada 2012 Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara memvonis bebas Bupati Elly.

Janji Hillary Bawa Kebaruan di DPR RI
Menanggapi keberhasilannya lolos menjadi anggota DPR RI, Hillary Lasut ingat akan pemilu primer New York ketika Alexandria Ocazio Cortez, seorang wanita politisi muda Latin, mengalahkan petahana yang sudah menjabat 14 tahun dengan sistem akar rumput.

"Dia selalu menginspirasi saya karena ucapannya yang saya kutip, 'Kalian punya uang, tapi saya punya rakyat dan suara rakyat adalah suara Tuhan'," ungkapnya.

Apa kebaruan yang dibawa Hillary dan legislator milenial lain di tubuh DPR RI mendatang? Hillary Lasut menjawab, "Pak Presiden pernah bilang, kenapa kita membutuhkan milenial ada di jabatan strategis di pemerintah? Karena yang pertama fleksibel, dinamis, dan cepat bergerak. Itu yang kami bawa, supaya kami juga menjaga idealisme politik".

Hillary Lasut berjanji akan menjadi anggota DPR yang rajin menghadiri sidang dan rapat. Ia bahkan memiliki tim media sendiri yang bisa mengawasi saat ia bertugas di Senayan nanti.

"Kami punya tim media sendiri yang bisa meliput setiap kami sidang di rapat itu melalui akun Youtube, jadi kami bisa jadi semi-politician-semi-Youtuber," tegasnya.

"Setelah duduk nanti, saya akan berjuang dengan seluruh kemampuan saya untuk membuktikan bahwa masyarakat Sulawesi Utara tidak salah memilih. Saya juga akan terus berjuang menjadi generasi milenial dan kaum perempuan untuk politik yang bersih," tuturnya.

Politisi Milenial dengan Beauty and Brain
Penelusuran kita akan profil dan fakta menarik Hillary Brigitta Lasut bermuara pada satu kesimpulan. Ia adalah perpaduan "beauty and brain". Tak hanya rupawan, legislator milenial bernama Hillary Brigitta Lasut juga cerdas.

Hillary menjadi harapan baru akan anggota DPR RI yang muda, cerdas, berintegritas, dan peduli rakyat kecil. Selamat bertugas, Hillary Brigitta. (*/IN-001)

Sumber:

news.detik.com/berita/d-4688238/hillary-brigitta-farah-dan-rahul-caleg-dpr-terpilih-termuda

nasional.tempo.co/read/1240473/anak-bupati-talaud-jadi-anggota-dpr-termuda-dari-partai-nasdem

hillarylasut.com/2019/08/08/hillary-lasut-meninggalkan-karier-demi-politik/

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved