Hingga Sabtu Malam, Gunung Tangkuban Perahu Masih Alami Erupsi - INFONEWS.CO.ID

Sabtu, 03 Agustus 2019

Hingga Sabtu Malam, Gunung Tangkuban Perahu Masih Alami Erupsi

Hingga Sabtu Malam, Gunung Tangkuban Perahu Masih Alami Erupsi

Hingga Sabtu Malam, Gunung Tangkuban Perahu Masih Alami Erupsi

INFONEWS.CO.ID ■ Hingga Sabtu Malam (3/8) status Gunung Tangkuban Perahu  masih berada di level II (waspada). Karena itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus melakukan pemantauan secara intensif.


Demikian hal ini disampaikan Kepala PVMBG, Badan Geologi - Kementerian ESDM, Kasbani saat melakukan On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel.

Selanjutnya, kata dia, dikarenakan Gunung tersebut masih mengalami erupsi secara terus menerus. maka pihaknya menghimbau masyarakat agar tetap menjaga jarak aman 1,5 kilometer dari bibir kawah.

"Sejauh ini masih terjadi erupsi secara terus menerus dengan tinggi sekitar 100 meter dari dasar kawah, aktivitas ini bisa ditunjukan dengan adanya seismogram di Pos kami dan CCTV," katanya.

Kasbani mengatakan, aktivitas letusan dan getaran di Gunung Tangkuban Perahu masih cukup tinggi. Namun Kategori erupsi belum mengarah ke Magmatik atau masih dalam kategori erupsi freatik.

Pihaknya juga mengingatkan wisatawan agar tidak memasuki kawah domas, kawah ratu dan kawah upas karena hembusan abu yang pekat bisa memunculkan gas beracun yang bisa mengganggu pernapasan dan mengancam jiwa.

Meski demikian, warga tak perlu khawatir yang berlebihan karena Gunung Tangkuban Perahu terpantau dengan sangat baik oleh PVMBG.

 ■ 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved