Maju di Pilkada, Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal Segera Diganti - INFONEWS.CO.ID

Rabu, 20 November 2019

Maju di Pilkada, Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal Segera Diganti

Maju di Pilkada, Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal Segera Diganti


PADANG - Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, menegaskan diri maju dalam kontestasi Pilkada Sumbar 2020. Perwira polisi bintang dua asal Kamang, Agam tersebut juga telah menegaskan akan maju dari jalur independen. Walikota Pariaman, Genius Umar, akan mendampingi "Polisi Niniak Mamak" itu untuk bertarung di kontestasi BA 1. Majunya Fakhrizal, langsung membuat buncah. Tidak hanya di Sumbar, tapi hingga ke level nasional. Komisi III DPR RI mempertanyakan jenderal aktif tersebut ke Kapolri Jenderal Idham Aziz. Jawaban Kapolri, Irjen Fakhrizal segera diganti!

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI dengan Kapolri Rabu (20/11/2019), memanas. Politisi PDI Perjuangan, Masinton menggelindingkan bola panas, mempertanyakan posisi Irjen Pol Fakhrizal. Masinton menuding Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, sudah deklarasi maju sebagai salah Cagub Sumbar di Pilkada 2020.

"Bagaimana ini? Ada Kapolda maju Pilkada, sebut saja Kapolda Sumbar," ujar Politisi PDI Perjuangan, Masinton di ruang RDP.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjawab dengan to the point.

"Soal Kapolda yang ikut Pilkada, kita harus ganti. Hanya itu obatnya," ujar Idham dengan mantap.

Irjen Pol Fakhrizal saat ini masih aktif sebagai Kapolda Sumbar. Fakhrizal menegaskan dirinya tetap mengutamakan tugas Polri yang diperintahkan Kapolri kepadanya.

"Saat ini saya masih Kapolda dengan tugas yang diamanahkan pimpinan tertinggi Polri dan soal Pilkada itu bentuk aspirasi tokoh masyarakat di Sumbar yang meminta saya maju sebagai Cagub. Saya terharu, sekaligus bangga masih ada masyarakat minta anggota Polri maju Cagub," ujar Fakhrizal.

Fakhrizal yang kini disebut maju berpasangan dengan Genius Umar (Wali Kota Pariaman) tetap berprinsip sebagai Bhayangkara negara.

"Saya prajurit Bhayangkara, punya prinsip selalu patuh pada putusan pimpinan tertinggi Polri institusi saya," ujar Fakhrizal.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar yang disebut-sebut bakal mendampingi Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal maju pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 mendatang, mengaku kaget. Menurutnya, kabar untuk mendampingi Irjen Pol Fakhrizal untuk berpasangan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur itu tercipta saat Rakor Forkopimda se-Indonesia di Bogor beberapa pekan lalu.

"Saya kaget Pak Kapolda ketemu saya dan mengenalkan ke Pak Gubernur, ini calon Wakil Gubernur saya. Saya kaget, gak bisa ngomong apa-apa. Pencalonan telah disiapkan Pak Kapolda," ujarnya.

Genius Umar menegaskan untuk memutuskan maju atau tidaknya tergantung masyarakat Kota Pariaman. Karena saat ini ia menjabat sebagai Walikota Pariaman itu adalah amanah dari masyarakat.

"Saat ini saya milik rakyat, jadi kalau rakyat meminta saya untuk maju. Kenapa tidak, kerja untuk membangun Pariaman yang lebih baik tentu juga bisa dilakukan dengan saya sebagai wakil gubernur. Untuk Sumatera Barat yang lebih baik, kita akan melakukan perjuangan ini," ucap Genius Umar. (*/IN-001)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved