Kreatif, MTsN 3 Solok Gelar Try Out UN Berbasis Android - INFONEWS.CO.ID

Kamis, 06 Februari 2020

Kreatif, MTsN 3 Solok Gelar Try Out UN Berbasis Android

Kreatif, MTsN 3 Solok Gelar Try Out UN Berbasis Android

SOLOK - Perkembangan teknologi dekade ini berjalan dengan sangat pesatnya. Kemajuan teknologi ini juga merambah dunia pendidikan dengan digelarnya UNBK yang telah berjalan tiga tahun belakangan. Siswa dan guru dituntut untuk melek teknologi, meskipun berada jauh di pusat kota yang notabene memiliki layanan internet yang mudah untuk diakses oleh semua pengguna teknologi berbasis internet.

Tahun ini, sekolah dan madrasah mulai menggelar ujian Try out, Ujian Akhir Madrasah (UAM) tingkat Nasional serta Ujian akhir Sekolah dengan menggunakan komputer. Di awal Februari ini serangkaian ujian Try out pun dimulai.

MTsN 3 Solok pada Rabu (4/2/2020) ikut melaksanakan try out mata pelajaran UN berbasis Android. Ujian yang dimulai dengan memberikan simulasi Try out  pada Senin (3/2/2020) dengan menggunakan laptop. Sehingga siswa tidak merasa bingung atau gagap ketika berhadapan dengan ujian Try out yabg serentak digelar disemua MTs se-Sumbar mulai Rabu sampai Sabtu depan.

Seluruh siswa MTsN 3 Solok kelas IX yang berjumlah 222 orang dibagi menjadi 3 shift. Masing masing shift diberikan waktu selama dua jam. Lokasi MTsN 3 Solok yang berada jauh dari keramaian kota, yang kadang-kadang mengalami gangguan jaringan internet untuk try out online ini, tidak memyurutkan semangat siswa dan guru.

Madrasah kebanggaan Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, yang merupakan madrasah dengan siswa terbanyak di Kabupaten Solok ini mendapatkan dukungan positif dari komite dan semua walimurid kelas IX. Seluruh elemen madrasah berharap, dengan perkembangan teknologi, tidak membuat putra putri mereka tidak gagap teknologi. Sekaligus menjadikan kemajuan teknologi sebagai salah satu media pembelajaran yang memberikan efek positif terhadap perkembangan wawasan dan pengetahuan mereka.

Try Out yang dilaksanakan di ruang kelas ini dengan mata uji Bahasa Indonesia tetap dengan pengawasan guru dan Proktor selaku penanggung jawab program dan aplikasi.

Proktor MTsN 3 Solok, Ahmad Fauzi mengatakan bahwa pelaksanaan ujian berbasis android ini dalam rangka memperkaya khazanah siswa, sekaligus memvariasikan kemampuan teknologi siswa dalam mengikuti ujian.

"Selain try out dengan android, madrasah juga melaksanakan try out berbasis komputer. Kita berharap dengan adanya try out ini siswa lebih siap menghadapi ujian nasional," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 3 Solok Kamsuir, S.Pd.I, menyatakan sangat mengapresiasi kreativitas guru-guru dalam memotivasi siswa menghadapi ujian nasional.

"Kita berusaha mengenalkan kepada siswa bagaimana memanfaatkan smartphone dengan pintar dan mengambil sisi positif dari pesatnya perkembangan teknologi. Sehingga ketika adanya pelaksanaan try out berbasis android ini siswa dengan cepat memahami dan melaksanakannya sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Kamsuir juga menyebutkan, meski telah melaksanakan try out berbasis android ini, pihak madrasah tetap memberikan kemudahan dan fasilitas bagi siswa peserta ujian, jika saat pelaksanaan siswa tidak memiliki smartphone.

"Harapan kita bersama dengan ikutnya kita berpacu mengiringi perkembangan teknologi disemua lini. Terutama di sekolah dan madrasah akan mampu mewujudkan cita cita pendidikan generasi Indonesia dan mewujudkan madrasah hebat bermartabat dalam hal teknologi khususnya," pungkasnya. (IN-001)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved