Dirbinmas Polda Metro Jaya Gencarkan Siskamling di Masa Pandemi Covid-19 - INFONEWS.CO.ID
-->

Rabu, 22 Juli 2020

Dirbinmas Polda Metro Jaya Gencarkan Siskamling di Masa Pandemi Covid-19

Dirbinmas Polda Metro Jaya Gencarkan Siskamling di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA - Sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Kamling, yang merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan, Selasa, (22/07/20). Guna menyikapi situasi pandemi covid-19 pelaksanaan pemantauan kegiatan awak Pos Kamling di wilayah Kampung Tangguh Dirbinmas Polda MetroJaya gencar  mengingatkan kewaspadaan masyarakat terhadap gangguan kamtibmas guna mendukung Kampung Tangguh yang diharapkan selama pandemi Covid-19.

Agar tercipta suasana yang harmonis kegiatan evaluasi awak pos kamling dibuat susunan acara yang diawali dengan pembukaan. Kemudian, sambutan dari Kaposkamling RW 02 Kel Pondok Labu, arahan Dirbinmas PMJ, penyerahan Bingkisan, Hand Sanitizer dan disinfektan dari Dirbinmas PMJ kepada awak kamling, pembacaan doa, photo bersama, dan terakhir ramah tamah.

Adapun arahan Dir Binmas kepada awak kamling kepada warga adalah yang pertama ucapan terima kasih atas sambutan dan kehadiran awak kamling RW 02 Kelurahan Pondok Labu Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, para Ketua RT dan tomas, dan stake holder lainnya. Kemudian yang kedua agar masyarakat harus disiplin menyesuaikan diri dengan kebiasaan kehidupan yang baru selama penerapan PSBB oleh pemerintah. Data kasus Covid-19 di wilayah seluruh DKI masih terus bertambah, salah satu pemicunya adalah banyaknya imigran yg kembali ke Jakarta dan masih bnyk OTG, namun kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada bapak bapak dan ibu ibu sekalian atas usaha dan upayanya yang menjadikan Cilandak sebagai Zona Hijau.

Pos Kamling adalah salah satu pilar dan miniatur Bhinneka tunggal Eka yang sangat penting tanpa mengenal latar belakang dan merupakan daya tangkal terhadap ancaman kejahatan serta salah satu satu upaya untuk deteksi dini seperti peredaran narkoba dan masalah lainnya.

"Kemudian juga agar kita semua membiasakan diri untuk mengikuti protokol kesehatan sesuai petunjuk pemerintah dengan membiadakan diri memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Babinsa, Bhabinkamtibmas dan petugas agar tetap memberikan himbauan dan saling mengingatkan dengan cara yang baik untuk mendisiplinkan kepada warga tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahan Covid-19. Mari kita bersama-sama berdoa semoga Covid-19 cepat selesai," tegasnya.

Penerapan PSBB oleh pemerintah dengan kebiasaan hidup baru selama pandemi Covid-19, banyak menimbulkan masalah-masalah baru, seperti tingginya angka kejahatan 3C (Curas, curat dan curas) dan termasuk berita di medsos yang tidak benar/hoax, yang sifatnya tidak benar, sehingga timbul fitnah antar sesama, kelompok, golongan dan pemerintah, ini berbahaya, jangan sampai terjadi, oleh sebab itu sikapi dengan positif dan baik setiap info dan berita yang mengarah pada perpecahan, kebencian dan memecah belah," jelas Dirbinmas Polda Metro Jaya.

Hadir dalam kegiatan pemantauan awak Pos Kamling selain Dirbinmas PMJ, Kombes Pol. Badya Wijaya, S.H, M.H, juga hadir Kasubdit Bin Polmas, AKBP Sri Wardiningsih, S.H, Wakasat Binmas Restro Jaksel, Kompol Harsono beserta anggota; Kasi BinKommas, Kompol Rendy A.R S.Sos, Kapolsek Kapolsek Cilandak, Kompol Marbun beserta anggota, Kapolsek Ketua RW 02 Kel. Pondok Labu Bpk. M Yusuf. Sementara, yang mewakili Lurah Pondok Labu adalah Suripto, Bhabinkamtibmas Cilandak Aiptu Momon, Ketua LMK RW 02 Kelurahan Pondok Labu Badawi, Ketua RT 08 RW 02 Kelurahan Pondok Labu Sanim, tokoh masyarakat Zaenal sebagai penasehat RT 08 RW 02 Kelurahan Pondok Labu, serta Ketua PKK RT 08 Rosida.

"Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyrakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang dirotasi setiap malamnya," kata Dirbinmas Polda Metro Jaya

"Kita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Sistem Keamanan Lingkungan yaitu Pos Kamling di Kampung Tangguh yang sdh kita bentuk," imbuhnya. (IN-001)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved