7 Pesepakbola yang Diabadikan Jadi Nama Penghargaan - INFONEWS.CO.ID

Jumat, 13 Desember 2019

7 Pesepakbola yang Diabadikan Jadi Nama Penghargaan

7 Pesepakbola yang Diabadikan Jadi Nama Penghargaan


Bola.com, Jakarta - Nama pemain sepak boladunia kerap diabadikan sebagai nama suatu tempat karena jasanya. Nama Cristiano Ronaldo telah diabadikan untuk sebuah bandara di Pulau Madeira, Portugal.
Selain bandara, Cristiano Ronaldo juga dirumorkan akan menjadi nama pengganti stadion Sporting CP, Esradio Jose Alvalade. Bahkan pada 2015, para astronom dari University of Lisbon, melabeli galaksi baru dengan nama Cosmos Redshift 7 atau disingkat CR7.
Menurut Dr David Sobral, pemberian nama CR7 terispirasi dari Cristiano Ronaldo, sang bintang lapangan bola.
Setali tiga uang dengan Ronaldo, Nama Alessandro Del Piero juga diabadikan dengan cara unik. Del Piero dipakai untuk menamai sebuah pantai di provinci Venice, Italia.
Lantas adakah nama pemain sepak bola dunia yang diabadikan sebagai ajang penghargaan? Tentu saja ada. Bola.com merangkum tujuh pemain sepak bola yang namanya diabadikan untuk penghargaan dilansir dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019).
2 of 8

1. Landon Donovan MLS MVP

Landon Donovan (© AFP 2009)
Landon Donovan saat diwawancarai media massa seusai sesi latihan Los Angeles (LA) Galaxy di Home Depot Stadium, Los Angeles, 13 Juli 2009. AFP PHOTO/Mark RALSTON
Nama pemain legendaris Amerika Serikat, Landon Donovan, diabadikan oleh Major League Soccer (MLS). Nama tersebut dipakai untuk trofi pemain terbaik.
MLS mulai menggunakan nama Landon Donovan MLS MVP sejak 2015. Nama Donovan diambil bukan tanpa alasan.  Selain sudah banyak berkontribusi bagi persepakbolaan Amerika Serikat, dia juga berhasil memenangkan enam Piala MLS bersama San Jose Earthquakes dan LA Galaxy.

3 of 8

2. Yashin Award

Lev Yashin dan Mazda
Mazda, pabrikan Jepang, pernah menghadiahi Lev Yashin sebuah mobil.
Lev Yashin merupakan satu di antara penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Ia merupakan satu-satunya kiper yang meraih Ballon d'Or.
Namanya kemudian diabadikan sebagai penghargaan bernama Yashin Award. Itu merupakan penghargaan bagi kiper terbaik yang tampil di Piala Dunia. Namun, sejak Piala Dunia 2010 nama tersebut diganti menjadi Golden Glove Award.

4 of 8

3. Pichichi Trophy

Lionel Messi
Lionel Messi berpose dengan trofi penghargaan 'Alfredo Di Stefano' di Barcelona, Spanyol (18/12). Media top Spanyol, Marca, memberinya penghargaan Pichichi Trophy dan Alfredo Di Stefano Trophy. (AFP Photo/Lluis Gene)
Pichichi merupakan sebuah trofi yang dianugerahkan oleh surat kabar Marca kepada pencetak gol terbanyak La Liga.
Nama Pichichi diambil dari Rafael 'Pichichi' Moreno. Ia merupakan penyerang tajam Athletic Bilbao yang meninggal di usia 29 tahun pada 1922.

5 of 8

4. Zarra Trophy

Zarra Trophy merupakan bentuk penghargaan bagi pencetak gol terbanyak di La Liga dan dia merupakan pemain berpaspor Spanyol. Nama tersebut diambil dari legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra.

6 of 8

5. Johan Cruyff Shield

Johan Cruyff Shield merupakan kejuaraan pembuka Eradivisie. Tim yang bertanding merupakan juara Eredivisie dan Piala KNVB.
Johan Cruyff merupakan legenda sepak bola Belanda. Gelar ini mulai dipakai sejak 1996.

7 of 8

6. Puskas Award

, FIFA Puskas Award 2016
Pemain Malaysia, Mohd Faiz Subri menjadi penerima FIFA PUskas Award 2016, Faiz adalah pemain Asia pertama yang meraih penghargaan ini dengan meraih 59.46% suara di Zurich, Swiss, (09/1/2017). (EPA/Ennio Leanza)
Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh FIFA kepada pencetak gol paling indah dalam satu tahun. Nama penghargaan tersebut diambil dari kapten Hungaria dan Legenda Real Madrid, Ferenc Puskas.

8 of 8

7. Jules Rimet Trophy

Piala Jules Rimet ialah trofi Piala Dunia FIFA antara 1930-1954. Piala ini diberi nama menurut Presiden FIFA Jules Rimet.
Piala ini berbentuk sosok wanita yang mengepakkan sayapnya dan dilapisi dengan emas. (bola.com)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved