Kota Solok Tuan Rumah Porprov Sumbar 2024, Tanah Datar-Padang Panjang 2022, Pariaman 2026 - INFONEWS.CO.ID

Minggu, 29 Desember 2019

Kota Solok Tuan Rumah Porprov Sumbar 2024, Tanah Datar-Padang Panjang 2022, Pariaman 2026

Kota Solok Tuan Rumah Porprov Sumbar 2024, Tanah Datar-Padang Panjang 2022, Pariaman 2026

Kota Solok Siapkan Porprov Termegah di Sumbar 2024. Tanah Datar dan Padang Panjang tuan rumah bersama di 2022 dan Kota Pariaman Tuan Rumah Porprov 2026.

PADANG - Kota Solok terpilih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-18 tahun 2024 mendatang. Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja KONI Sumbar di Hotel Axana, Kota Padang, Sabtu malam (28/12/2019). Kota Solok akan menjadi tuan rumah perdana cabang multi iven tersebut, sejak daerah itu dimekarkan dari Kabupaten Solok pada 16 Desember 1970. Sementara, untuk Porprov 2022 akan dihelat di Tanah Datar bersama Kota Padang Panjang. Sedangkan Porprov tahun 2026 akan dilangsungkan di Kota Pariaman.

Selain tuan rumah tunggal di tahun 2024, Kota Solok akan menjadi tuan rumah bersama pada helatan Porprov 2020 ini, dengan menjadi host tiga cabang olahraga. Yakni Taekwondo, Karate dan Biliar. Hal ini akan menjadi semacam test event (helatan ujian) bagi daerah berjuluk Kota Beras Serambi Madinah ini, menunjukkan kesiapannya menjadi tuan rumah Porprov ke-18 di tahun 2024.

Ketua KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum, bersama peraih medali emas SEA Games XXX-2019 Filipina, Suci Wulandari, beberapa waktu lalu.


Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful, SH, MH, mengucapkan selamat kepada Tanah Datar dan Padang Panjang yang menjadi tuan rumah Porprov 2022, serta Kota Solok dan Kota Pariaman yang menjadi tuan rumah di Porprov 2024 dan 2026. Syaiful mengharapkan daerah-daerah tersebut bisa mempersiapkan diri lebih matang lagi. Menurutnya, helatan Porprov menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pembinaan olahraga di Sumbar. Terutama dalam memunculkan atlet-atlet dan mempersiapkan atlet untuk iven yang levelnya lebih tinggi lagi.

"Kita ucapkan selamat kepada daerah-daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov. Kita sangat berharap, mereka mampu melaksanakan Porprov yang lebih baik dari pelaksanaan Porprov-Porprov sebelumnya," harapnya.

Pengurus KONI Sumbar, Nofi Sastera (kiri) saat pemungutan suara calon tuan rumah Porprov Sumbar di Hotel Axana, Padang, Sabtu malam (28/12/2019).


Syaiful menegaskan, dalam penentuan tuan rumah Porprov Sumbar 2022, 2024 dan 2026 di Hotel Axana, Sabtu malam (28/12/2019), KONI Sumbar memakai sistem yang baru. Jika sebelumnya penentuan tuan rumah dilakukan dengan penunjukan oleh KONI Sumbar, namun kemarin, penentuan tuan rumah dilakukan dengan pemungutan suara oleh seluruh KONI Kabupaten/Kota se-Sumbar. Dalam pemungutan suara untuk tuan rumah Porprov 2022, Tanah Datar dan Padang Panjang memperoleh 8 suara, sedangkan Kota Solok meraih 5 suara, Kota Pariaman meraih 3 suara dan Solok Selatan 2 suara.

"Kelima daerah tersebut, melakukan pengusulan tuan rumah untuk Porprov tahun 2022, bukan untuk Porprov 2024 maupun 2026. Namun, usai pemilihan KONI Sumbar menawarkan untuk tuan rumah di tahun 2024 dan 2026. Kota Solok akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah di tahun 2024 dan Kota Pariaman untuk Porprov 2026, sesuai dengan urutan raihan suaranya," ungkap Syaiful.

Pengurus KONI Sumbar dan Pengurus KONI Kabupaten/Kota se-Sumbar usai pemungutan suara calon tuan rumah Porprov Sumbar di Hotel Axana, Padang, Sabtu malam (28/12/2019).


Syaiful juga menyebutkan, lima daerah yang mengusulkan diri sebagai tuan rumah Porprov telah melakukan presentasi kesiapannya dalam Raker tersebut. Sebelumnya, Tim KONI Sumbar juga telah melakukan verifikasi kesiapan ke seluruh daerah yang mengajukan diri sebagai tuan rumah.

"Karena semua daerah tersebut dinilai sangat siap, maka sejatinya mereka berhak menjadi tuan rumah," ujarnya.

Terkait Porprov pertama kali yang akan digelar di Kota Solok, Syaiful menyatakan bahwa Kota Solok terlihat sangat siap. Hal itu menurutnya terbukti dalam presentasi dan verifikasi lapangan yang dilakukan KONI Sumbar beberapa waktu lalu. Di samping itu, Kota Solok saat ini sangat getol membenahi sarana olahraga. Dengan waktu yang cukup panjang, yakni tahun 2024, Syaiful berharap Kota Solok akan lebih siap.

"Saya yakin, Kota Solok akan menjadi tuan rumah yang baik. Meski akan menjadi tuan rumah tunggal. Antusiasme pemerintah daerah, DPRD Kota Solok, KONI Kota Solok dan masyarakatnya sangat tinggi. Kita harapkan dengan waktu yang cukup panjang, mereka mampu mempersiapkan diri dengan lebih baik. Salah satunya dengan dukungan anggara multi year (tahun jamak) jelang 2024," ungkapnya.

Walikota Solok Zul Elfian, SH, M.Si Dt Tianso dan Wawako Solok Reinier, ST, MM, Dt Mangkuto Alam.


Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian, SH, M.Si Dt Tianso, menyatakan pihaknya sangat bersyukur Kota Solok akan menjadi tuan rumah Porprov Sumbar tahun 2024. Menurutnya, dengan menjadi tuan rumah 2024, persiapan lebih matang. Zul Elfian juga menyatakan pihaknya akan mempersiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik.

"Alhamdulillah. Sebagai satu-satunya daerah di luar daerah pemekaran, Kota Solok menjadi satu-satunya daerah yang belum pernah menjadi tuan rumah Porprov. Karena itu, kita akan membuktikan bahwa Kota Solok layak menjadi tuan rumah. Bahkan menjadi tuan rumah termegah sepanjang sejarah Porprov di Sumbar. Tentu dibutuhkan dukungan dari seluruh elemen, seperti DPRD, KONI Kota Solok, dan masyarakat Kota Solok," ujarnya. (rijal islamy)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved