Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa Sains - INFONEWS.CO.ID
-->

Rabu, 22 September 2021

Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa Sains

Spesifikasi Laptop untuk Mahasiswa Sains

Bagi mahasiswa, laptop cukup penting dibutuhkan untuk berbagai keperluan, namun jangan sembarang membeli khususnya bagi mahasiswa rumpun sains. Beberapa software yang digunakan untuk perkuliahan terkadang membutuhkan laptop dengan spesifikasi khusus.

Jadi pemilihan laptop sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa bersangkutan serta harga laptop yang terjangkau. Untuk memudahkan berikut spesifikasi laptop berdasarkan kebutuhan:  

  • Pilih CPU dan memori sesuai software

Mahasiswa khususnya rumpun sains biasanya menggunakan laptop untuk mengerjakan laporan, menyelesaikan penghitungan yang rumit, dan mengoperasikan software tertentu. Maka untuk itu perlu memahami spesifikasi software untuk beragam kebutuhan.

Memiliki laptop dengan spesifikasi yang mendukung kerja software dapat membuat pekerjaan jadi lebih mudah. Berikut jenis software dan kegunaannya:

a. Core i5 memori 8 GB

Software Core i5 mumpuni untuk pemrograman dan software analisis seperti Software MATLAB sering dipakai untuk menganalisis data saintifik.  Menjalankan software tersebut membutuhkan ppesifikasi khusus agar dapat berjalan maksimal di antaranya dengan penggunaan CPU Intel quadcore (empat inti) atau lebih. 

Bisa juga menggunakan laptop berprosesor AMDx86-64 sebagai alternatif dengan memori minimal 8 GB. Spesifikasi ini yang akan membuat pemrograman dan software analisis berjalan dengan lancar.

b. Core i7 memori minimal 8 GB

Bagi mahasiswa teknik atau arsitektur membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi untuk mengoperasikan software CAD, software 2D CAD untuk membuat planer figure bisa menggunakan CPU Core i5.

Lalu software 3D CAD dan program lainnya dapat menggunakan CPU Core i7 atau lebih dengan memori minimal 8 GB untuk mendapat gambar model tiga dimensi yang bagus. Spesifikasi ini tentu tidak murah namun karena kebutuhan demi pembelajaran maksimal.

c. Core i3 dengan memori 4 GB

Jika kebutuhan sebatas untuk membuat laporan biasa, laptop dengan minimum CPU Core i3 dan memori 4 GB sudah cukup sebab software Office tidak memerlukan laptop berspesifikasi tinggi. Namun jika memiliki dana lebih akan lebih baik memilih spesifikasi tinggi 

Pertimbangkan pula waktu pemakaian sebab penggunaan secara simultan akan menyebabkan laptop dengan spesifikasi rendah berkendara saat dioperasikan.

  • Pilih baterai berdaya tahan tinggi

Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, penting untuk memikirkan mengenai ketahanan baterai, jangan sampai kehabisan baterai ketika digunakan di kampus atau di tempat lain. Maka ada baiknya membandingkan long battery Life setiap laptop.

Beberapa laptop memiliki daya tahan penggunaan hingga 48 jam karenanya penting untuk memilih yang paling tepat.

  • Pilih laptop ber-HDMI

Untuk kebutuhan presentasikan hasil penelitiannya dan sebagainya akan lebih baik memilih laptop dengan terminal HDMI. Hal ini berguna agar presentasi dapat dilakukan menggunakan monitor eksternal misalkan proyektor.

Pada beberapa laptop yang ada menggunakan miniDisplayPort, tetapi itu memerlukan conversion connector untuk menghubungkannya. Akan lebih baik memilih laptop dengan terminal HDMI berukuran normal jika memungkinkan.

  • Pilih ukuran sesuai

Berikutnya pemilihan ukuran yang mudah dibawa dengan model yang compact dan berukuran kecil. Pastinya pilih sesuai pada tujuan dan kebutuhan Anda masing-masing. Namun tetap jangan lupa pertimbangan spesifikasi lainnya yang lebih penting.

Rata-rata ukuran laptop bergantung pula pada kapasitas yang dimiliki. Ukuram.13,3 inci yang ringat cocok untuk menulis dan kalkulasi, namun tidak untuk CAD dan pemrograman. Karenanya pertimbangan ukuran mengikuti kebutuhan spesifikasinya.

Itulah spesifikasi yang dibutuhkan mahasiswa khususnya di bidang sains. Maka jangan salah pilih untuk memastikan kebutuhan dari laporan dan lainnya telah terpenuhi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved