Bupati Epyardi Asda Buka Sumarak Salingka Danau 2023 - INFONEWS.CO.ID
-->

Senin, 30 Oktober 2023

Bupati Epyardi Asda Buka Sumarak Salingka Danau 2023

Bupati Epyardi Asda Buka Sumarak Salingka Danau 2023

Press Release 

SOLOK - Beragam perlombaan hingga pameran serta pertunjukan seni budaya tersaji dalam Sumarak Salingka Danau tahun 2023 di Kawasan Dermaga Danau Singkarak, Kabupaten Solok. Acara berlangsung selama 4 hari dari 26-29 Oktober 2023.

Sejak 26 Oktober 2023, sejumlah lomba hingga pertunjukan seni tradisi sudah mengawali event Sumarak Salingka Danau 2023. Mulai dari lomba Hymne Bundo Kanduang, mencari pensi hingga silahturahmi dan Camp Seni serta seni dan tradisi.

Berbagai lomba dan pertunjukan seni itu menarik perhatian masyarakat dan pengunjung. Selain menghadirkan hiburan bagi masyarakat, acara tersebut juga secara langsung memberikan efek ekonomi dengan ramainya kunjungan ke Dermaga Danau Singkarak.

Dalam dua hari ke depan, masyarakat juga bisa menyaksikan Pameran UMKM, Ekraf, dan Pokdarwis, Pameran Lukisan Lapiak Pandan. Kemudian, Festival Lauak dan Jajanan Tempo Dulu, Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Solok hingga Launching Bujang Jo Gadih Kabupaten Solok.

Bupati Solok, H. Epyardi Asda mengatakan, Sumarak Salingka Danau merupakan langkah dalam meningkatkan Promosi Wisata di Kabupaten Solok. Melalui promosi itu, bisa mendorong peningkatan angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Solok.

Menurut Bupati, Kabupaten Solok mempunyai potensi luar biasa di berbagai sektor. Selain pertanian, Kabupaten Solok punya segudang potensi pariwisata. Kabupaten Solok memiliki 5 danau sekaligus dengan pemandangan alam yang indah.

“Saya yakin, dengan kerja sama semua pihak bisa memajukan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan ekonomi,” ungkap masyarakat Bupati saat membuka Sumarak Salingka Danau, Sabtu (28/10/2023).

Pembukaan acara tersebut juga meliputi Acara Direktorat Daerah Kementrian Parekraf RI, Joko Suhartono. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf terhadap bantuan-bantuan dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Solok.

“Terimakasih Kementrian Parekraf RI karena telah banyak memberikan Bantuan Infrastruktur Pariwisata untuk Kabupaten Solok. Mulai dari panggung kesenian dan menara pandang yang ada di Dermaga Danau Singkarak ini,” tutup Bupati.

Joko Suhartono dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Solok yang terus berupaya menggerakkan sektor pariwisata, salah satunya melalui Sumarak Salingka Danau tahun 2023.

Menurutnya, Kabupaten Solok dikenal sebagai daerah yang kaya potensi. Tidak hanya dari bidang pertanian dan hortikultura, namun juga dengan keindahan destinasi wisata yang mempesona serta ragan seni dan budaya.

“Pengembangan potensi ini selanjutnya perlu didorong dengan promosi. Salah satunya melalui penyelenggara acara yang berkualitas. Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan Event Sumarak Salingka Danau ini,” bebernya.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Armen menjelaskan, Event Sumarak Salingka Danau merupakan promosi wisata dan budaya tradisional Kabupaten Solok yang Indah serta Kuliner Kabupaten Solok.

“Selanjutnya, acara ini akan disebut dengan Festival Lima Danau yang mana Kegiatan ini telah masuk 10 besar di Provinsi serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat Nasional. Semoga event ini bisa masuk kalender event nasional,” tutupnya.

Dalam pembukaan tersebut, juga disemarakkan dengan penampilan kesenian tradisional talempong pacik secara kolosal. Pertunjukan itu dipersembahkan 100 orang pegiat seni tradisi dari 3 kecamatan yang ada di sekitar Danau Singkarak. (*/Niko Irawan)

Sumber: Dinas Kominfo Kabupaten Solok


Daftar Pemenang Sumarak Salingka Danau 2023

Pemenang Lomba Mencari Pensi :

1. SMPN 2 Kacang dengan Jumlah Pensi 32,7 kg

2. Geng Wawa-Wawa dengan Jumlah Pensi 24,5 kg

3. MAN 2 Solok dengan Jumlah Pensi 17,2 kg

Pemenang Lomba Pacu Biduak Tradisional:

1. Halim dan Adi dari Nagari Paninggahan

2. Deni dan Candra dari Nagari Paninggahan

3. Eri dan Can dari Nagari Singkarak

Lomba Melukis Lapiak Pandan:

1. Juara I - SMPN 6 Gunung Talang

2. Juara II - SMPN 5 X Koto Singkarak 

3. Juara III - SMPN 3 Gunung Talang 

4. Harapan I - SMPN 2 Gunung Talang 

Pemenang Lomba Hymne Bundo Kanduang:

1. Juara I – Bundo Kanduang Singkarak

2. Juara II - Bundo Kanduang Saniang Baka

3. Juara III - Bundo Kanduang Jawi-Jawi 

4. Harapan I - Bundo Kanduang Surian

5. Harapan II - Bundo Kanduang Muaro Paneh

6. Harapan III - Bundo Kanduang Sulit Air

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved