Dinas Pertanian Sambangi Poktan Pasir Saiyo Dalam Rangka Berikan Motivasi - INFONEWS.CO.ID
-->

Jumat, 12 Januari 2024

Dinas Pertanian Sambangi Poktan Pasir Saiyo Dalam Rangka Berikan Motivasi

Dinas Pertanian Sambangi Poktan Pasir Saiyo Dalam Rangka Berikan Motivasi

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Petani merupakan pelaku utama sektor pertanian pada umumnya mempunyai pendidikan yang rendah dan berusia di atas 50 tahun. Dengan kondisi demikian petani membutuhkan penyampaian langsung informasi dan bimbingan teknologi.

Untuk memperpendek dan memastikan informasi langsung kepada petani sekaligus menjaga hubungan baik antara pemerintah dan petani, maka pada tanggal 11 Januari 2024 Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli turun langsung menghadiri Pertemuan Kelompok Tani Pasir Saiyo di Kelurahan Laing. Mendampingi kepala dinas, Amora yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Agribisnis Sarana dan Prasarana Pertanian serta Rahmad Yendi dan Nazifah selaku Koordinator Penyuluh Kota.

Rombongan Kepala Dinas disambut oleh Ketua Kelompok Tani Pasir Saiyo, Yurnalis dan anggota serta didampingi oleh Penyuluh Pertanian Kelurahan Laing, Desi Armiaty dan Tenaga Pendamping P3A, Ice Suriya Dianti.

Kepala Dinas dalam sambutannya menyampaikan bahwa petani akan selaku dibimbing oleh penyuluh pertanian sebagai perpanjangan tangan Dinas Pertanian.

“Apapun permasalahan pertanian, sampaikan ke Desi sebagai penyuluh pertanian di wilayah ini. Jangan sampai orang lain tahu sementara Desi sebagai pendamping petani di sini tidak tahu,” ujar Kadis.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa pemerintah telah banyak memberikan bantuan kepada petani. Saat ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar membuka peluang bantuan

Sementara itu, Amora menyampaikan tentang pentingnya menjaga alat dan mesin yang telah dibantu sebelumnya. “Pasir Saiyo telah mendapatkan bantuan alsintan berupa handsprayer dan pompa, manfaatkan sarana tersebut dengan baik, jangan sampai bantuan tersebut tidak terpakai atau tidak dirawat keberadaannya,” pungkas Amora.

Selain itu, Amora menyampaikan tentang subsidi pupuk yang jumlahnya berkurang pada Tahun 2024. “Manfaatkan pupuk tersebut dengan baik sesuai alokasi yang ada, jika kurang mulailah memanfaatkan potensi yang ada seperti pupuk kandang atau pupuk organik,” terang Kabid dengan pendidikan dokter hewan ini.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli sangat menikmati suasana pertemuan kelompok karena sebelumnya pernah menjadi penyuluh pertanian di wilayah ini 15 tahun yang lalu. Khusus untuk Kelompok Tani Pasir Saiyo selalu terkenang “Godok Cinta” yang selalu tersaji pada pertemuan kelompok tersebut. (Niko Irawan)


BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved