Gerakan Bangga Buatan Indonesia dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah - INFONEWS.CO.ID
-->

Jumat, 02 Februari 2024

Gerakan Bangga Buatan Indonesia dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Gerakan Bangga Buatan Indonesia dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Kegiatan ini harus sejalan dengan semangat menyukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sesuai dengan Inpres Nomor 2 tahun 2022 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Dalam kaitan inilah Pemerintahan Kota Solok melalui Sekretariat Daerah dengan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kota Solok mengadakan Sosialisasi E-Katalog Sektor Jasa Konstruksi bagi Pengguna Anggaran (PA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat PBJ, Tim Teknis serta Pelaku Usaha di Lingkungan Pemerintahan Kota Solok.

Dilaksanakan di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Kamis (1/2), Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian Umar didampingi Asisten II Bidang Ekonomi, Jefrizal, dengan menghadirkan narasumber dari LKPP-RI .

Dalam sambutannya, Wako menyampaikan tujuan dari penerapan E-Katalog lokal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberdayakan pengusaha lokal dan mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor, serta upaya pemerintah untuk memberdayakan industri dalam negeri.

“E-katalog lokal membantu proses pengadaan barang dan jasa menjadi lebih mudah dan cepat, lebih menghemat anggaran, lebih transparan dan akuntabel, serta tercatat secara elektronik di Kota Solok,” ucap Wako.

Walikota  juga menegaskan kepada peserta sosialisasi untuk senantiasa mendorong pelaku usaha lokal (UMKM dan Koperasi) di Kota Solok terutama pelaku usaha yang menjadi langganan rutin perangkat daerah, baik yang berbentuk badan usaha atau perorangan untuk menayangkan dan menjual produk usahanya pada katalog elektronik lokal.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dalam dua sesi tersebut diisi oleh narasumber Analis Kebijakan Madya Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah dari LKPP-RI, Erlangga Aninditya beserta tim.

Dalam sesi tanya jawab Erlangga menyarankan agar UKPBJ Daerah untuk membentuk verifikator untuk menyaring calon penyedia yang akan masuk ke dalam sistem katalog elektronik lokal.

“Kita harus bergerak bersama, karena pelaku usaha kecil banyak terdapat di daerah. Selain membantu perekonomian, kita juga membantu pemasaran mereka, karena produk yang tayang di katalog bisa dibeli oleh kementerian/pemda lain,“ lanjut Erlangga.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa, Kepala Bagian Hukum serta Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Solok. Juga hadir sebagai tamu undangan beberapa Kepala OPD dari Dinas terkait yang telah secara konsisten menggunakan e-katalog dalam Pengadaan Barang/Jasa beberapa tahun terakhir, juga ada Asosiasi Perdagangan, Koperasi dan UMKM serta pelaku usaha di Kota Solok. (Niko Irawan)


BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved