Monev Program Pengendalian Pencegahan Penyakit Menular - INFONEWS.CO.ID
-->

Selasa, 06 Februari 2024

Monev Program Pengendalian Pencegahan Penyakit Menular

Monev Program Pengendalian Pencegahan Penyakit Menular

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Dinas Kesehatan Kota Solok melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) melakukan monitoring dan evaluasi program di Puskesmas, imunisasi, surveilans, TB, HIV, dan Rabies di Aula Dinas Kesehatan Kota Solok, Senin (5/2).

Peserta monev terdiri dari Kepala Puskesmas, PJ Program Imunisasi, PJ Surveilans, PJ TB, PJ HIV, PJ Diare, PJ ISPA, dan PJ Rabies yang ada di Puskesmas Kota Solok dan Dinas Kesehatan Kota Solok.

Kepala Bidang P2P, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes membuka kegiatan monev didampingi oleh Sub Koordinator P2PM, Surveilans dan Imunisasi, Siska Primasari, SKM

Kepala Bidang P2P mengatakan tujuan dari monev ini adalah untuk mengetahui strategi terbaik dari masing-masing PJ di Puskesmas, mengetahui progress terbaik dari tim masing-masing PJ, dan menghadapi tantangan dan masalah pada pencapaian tujuan program.

“Untuk mewujudkan capaian program harus ada tindak lanjut Puskesmas seperti komitmen antara pimpinan Puskesmas dan pelaksana kegiatan imunisasi harus konsisten dan maksimal, meningkatkan kapasitas petugas pelaksana imunisasi di lapangan, melakukan koordinasi lintas program dan lintas sektor, dan mengoptimalkan entrain ASIK (Edaran Kemenkes),” tutur Hiddyatrurrahmi.

Kegiatan Monev berupa diskusi terkait kendala dan hambatan yang ditemui selama menjalankan program. Diskusi dilakukan dengan PJ masing-masing dengan penyampaian capaian program 2023 dari masing-masing PJ program Dinas Kesehatan Kota Solok dan penyampaian target kinerja di tahun 2024.

Kegiatan monitoring lebih terfokus pada kegiatan yang sedang dilaksanakan. Monitoring dilakukan dengan cara menggali untuk mendapatkan informasi secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang telah disepakati. Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program. (Niko Irawan)


BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved