Dukung Program Pengendalian Inflasi Daerah, Dinas Pangan bersama TP-PKK Lakukan Gerakan Tanam Cabe Serentak - INFONEWS.CO.ID
-->

Selasa, 05 Maret 2024

Dukung Program Pengendalian Inflasi Daerah, Dinas Pangan bersama TP-PKK Lakukan Gerakan Tanam Cabe Serentak

Dukung Program Pengendalian Inflasi Daerah, Dinas Pangan bersama TP-PKK Lakukan Gerakan Tanam Cabe Serentak

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Dalam rangka mendukung kebijakan Nasional terhadap pengendalian Inflasi di daerah, Dinas Pangan mengadakan pelaksanaan Gerakan Tanam Cabe (Gertam Cabe) serentak di Kota Solok. Gertam Cabe ini juga dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 52 yang diadakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Kota Solok dilaksanakan secara daring yang bertempat di Kelompok Wanita Tani Taratak Sepakat Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Senin (04/03).

Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai Upaya Pemerintah Kota dan masyarakat dalam pengendalian inflasi di Kota Solok.

“Salah satu langkah Pemerintah Kota Solok dalam pengendalian inflasi yaitu melalui Gerakan Tanam Cabe. Walikota Solok juga sudah mengeluarkan edaran kepada seluruh masyarakat agar dapat menanam cabe pada lahan pekarangan serta memanfaatkan lahan kosong yang potensial untuk ditanami dengan tanaman cabe,” tutur Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok.

Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati yang turut hadir pada kegiatan ini menyampaikan dengan adanya Gerakan Tanam Cabe ini, ia berharap penanaman cabe yang dilaksanakan dirawat dengan baik dan berkelanjutan.

“Dengan menanam tanaman cabe di halaman dapat memenuhi kebutuhan dapur serta dengan memanfaatkan pekarangan rumah semaksimal mungkin, dari hasil panennya dapat menekan pengeluaran rumah tangga. Semoga Gerakan Tanam Cabe ini dapat berkelanjutan dan bermanfaat sebagai salah satu langkah dalam pengendalian inflasi khususnya di Kota Solok,” Ujar nya.

Dalam pelaksanaan kegiatan Gertam Cabe ini dilakukan penanaman langsung sekitar 100 bibit tanaman cabe baik itu di polybag maupun pada bedengan di demplot KWT Taratak Sepakat.

KWT Taratak Sepakat merupakan salah satu pelaksanaan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Solok, yang melaksanakan kegiatan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga serta berorientasi untuk meningkatkan pendapatan keluarga. KWT Taratak Sepakat juga telah melakukan penanaman cabe baik pada demplot ataupun pekarangan anggota, sehingga KWT Taratak Sepakat ditetapkan sebagai lokasi Gertam Cabe di Kota Solok pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK.

Gerakan tanam cabe ini juga dihadiri pada kegiatan ini, Lurah Tanah Garam serta Ibu TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan, Pokja III TP-PKK Kota Solok dan Perwakilan dari OPD terkait serta anggota Kelompok Wanita Tani Taratak Sepakat. (Niko Irawan)


BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved