Kota Solok Melalui DLH Kembali Pertahankan Penghargaan Adipura - INFONEWS.CO.ID
-->

Kamis, 07 Maret 2024

Kota Solok Melalui DLH Kembali Pertahankan Penghargaan Adipura

Kota Solok Melalui DLH Kembali Pertahankan Penghargaan Adipura

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup kembali raih penghargaan Adipura tahun 2023, pemberian penghargaan diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Adipura merupakan Agenda Nasional, instrumen kebijakan yakni program yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986. Adipura merupakan penghargaan kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan untuk tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik untuk mencapai kota berkelanjutan.

Sesuai keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 263 tahun 2024, tentang Kabupaten/Kota penerima Adipura tahun 2023, dari 71 daftar Kabupaten/Kota penerima Adipura se-Indonesia, Kota Solok termasuk salah satu Kota penerima Adipura tahun 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Walikota Solok, Zul Elfian Umar didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edrizal, SH. MM, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3), Asril, SE, dan Penelaah Proses Di Bidang Lingkungan, Oktaviani, ST, M.IL, dengan menggunakan pakaian batik resmi.

Edrizal mengatakan Penghargaan Adipura merupakan hasil kerja keras dan sinergi antara pemerintah Kota dan seluruh warga Kota Solok dalam menjaga lingkungan hidup di Kota Solok.

“Alhamdulillah kita mendapatkan kembali penghargaan Adipura untuk tahun 2023, ini bisa menjadi penyemangat bagi kita warga Kota Solok dalam rangka bagaimana mempertahankan lingkungan yang baik,” ujar Edrizal.

Dijelaskan salah satu cara Kota Solok mempertahankan Penghargaan Adipura dengan proses sirkular ekonomi yang dapat secara langsung bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Masyarakat diedukasi untuk memilah dan memilih sampah sehingga bisa diolah menjadi sesuatu yang berharga.

“sampah diminimalisir dan dikelola dengan baik sehingga mengurangi sampah yang berada di TPA, seperti pengembangbiakan magot dan rumah kompos,” jelas Edrizal.

Edrizal berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh pihak agar bisa lebih menjaga lingkungan.

“Harapan saya dengan adanya penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat sekaligus penyemangat masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dengan bagaimana membuang sampah secara baik dan bagaimana sampah itu bisa kita manfaatkan dengan baik,” harap Edrizal.

Tidak lupa Edrizal berterima kasih kepada anggota PHL dan berjanji akan mencairkan reward sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh teman-teman PHL di lapangan, karena tanpa teman-teman belum tentu Kota Solok mendapatkan Penghargaan Adipura, serta untuk reward kepada 219 orang PHL akan kami usahakan dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri sebagai bentuk ucapan terimakasih dari Masyarakat Kota Solok khususnya,” janji Kadis DLH. (Niko Irawan)


BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved