Dodi Hendra Pertanyakan Kontribusi Bank Nagari ke Kabupaten Solok - INFONEWS.CO.ID
-->

Kamis, 08 Juni 2023

Dodi Hendra Pertanyakan Kontribusi Bank Nagari ke Kabupaten Solok

Dodi Hendra Pertanyakan Kontribusi Bank Nagari ke Kabupaten Solok


SOLOK, INFONEWS.CO.ID
- Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra, mempertanyakan kinerja Bank Nagari, karena selama ini dinilai tidak memberikan dampak positif dalam menopang pembangunan dan perekonomian masyarakat, dan tidak ada memberikan Kontribusi yang jelas terhadap daerah kita ini. Maka dari itu, Politikus Partai Gerindra Kabupaten Solok tersebut meminta Pemkab Solok untuk mengkaji ulang penempatan dana rakyat (APBD Kabupaten Solok) di Bank Nagari, Rabu (8/6/2023).

Dodi Hendra meminta Pemkab Solok dan DPRD Kabupaten Solok untuk menjajaki kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Karena selama ini, kiprah BRI berupa Corporate Social Responsibility (CSR) lebih terasa di masyarakat. 

"Ada sekitar Rp1,3 triliun APBD Kabupaten Solok yang dikelola oleh Bank Nagari. Ada pemodalan lebih kurang Rp20 miliar, ada deposito sekira Rp40 miliar, ada gaji pegawai, serta uang proyek fisik yang baru dikerjakan di akhir-akhir tahun seperti di Bulan Juli, Agustus, September, bahkan Oktober. Artinya, uang rakyat diputar oleh Bank Nagari sekian bulan. 

Belum lagi, dana masyarakat Kabupaten Solok yang mereka kelola. Tapi, kita harus jujur mengatakan, tidak nampak apa dampak positif Bank Nagari ke masyarakat Kabupaten Solok. Justru, yang paling banyak kita lihat adalah kiprah Bank BRI melalui CSR-nya dan sejumlah fasilitas yang mereka bangun di Kabupaten Solok. Seperti Pesanggrahan Dermaga Singkarak, Pesanggrahan Danau Kembar, Pesanggrahan Danau Talang, dan sejumlah fasilitas umum lainnya. Karena itu, lebih baik kita mulai jajaki kerja sama dengan BRI, yang notabene adalah bank milik pemerintah dan levelnya sudah nasional," ungkapnya. 

Dodi Hendra juga menegaskan, tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Pemkab Solok harus bekerja sama dengan Bank Nagari. Dodi mengingatkan, meskipun Bank Nagari merupakan bank milik Pemprov Sumbar dan ada saham Pemkab dan Pemko se-Sumbar, tapi jika kiprahnya tidak dirasakan oleh masyarakat, lebih baik pemerintah mulai menjajaki kerja sama dengan bank-bank milik pemerintah lainnya. Seperti Bank Rakyat Indoneaia (BRI), Bank Negara Indonesia 1946 (BNI), Bank Mandiri dan Bank Tabungan Negara (BTN).

"Perlu diingat, tidak ada aturan yang mengharuskan atau mewajibkan kita menempatkan dana di Bank Nagari. Tapi, ketika dana rakyat ditempatkan di sebuah bank, tentu ada imbas positifnya bagi rakyat. Bukan imbas positif bagi segelintir orang. Khusus bagi Kabupaten Solok, sampai detik ini, saya belum pernah melihat, mendengar atau membaca di media, apa yang telah dilakukan oleh pihak Bank Nagari di Kabupaten Solok. Bahkan, siapa Kepala Cabang Bank Nagari Solok saja, saya tidak tahu," ujarnya. (Niko Irawan)

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved