2024, PBSI Kota Solok Gelar Serambi Madinah Cup Tingkat Sumbar - INFONEWS.CO.ID
-->

Senin, 14 Agustus 2023

2024, PBSI Kota Solok Gelar Serambi Madinah Cup Tingkat Sumbar

2024, PBSI Kota Solok Gelar Serambi Madinah Cup Tingkat Sumbar

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Perkumpulan Bulutangkis (PB) Orvala, "menguasai" Open Tournament Badminton se-Kota dan Kabupaten Solok 2023, yang di di Hall Tembok Arena, pada 9-12 Agustus 2023. PB Orvala menyabet 6 gelar dari 11 slot gelar yang tersedia. Dari tiga nomor yang dipertandingkan, yakni Tunggal Remaja Taruna, Ganda Veteran dan Ganda Umum, PB Orvala menyapu bersih gelar di Tunggal Remaja dan Ganda Umum. 

Di nomor Tunggal Remaja Taruna dengan batasan umur maksimal kelahiran tahun 2003, Fandi Denaldo sukses mengalahkan kompatriotnya, Ridho Rahmat Fajri, dengan dua set langsung 28-26 dan 13-8. Bertarung sangat sengit di set pertama, Ridho mengundurkan diri karena mengalami cedera betis di set kedua, saat tertinggal 13-8. PB Orvala sapu bersih kategori Tunggal Remaja Taruna setelah Rasyid dan Beni meraih juara ketiga. 

Di nomor Ganda Veteran, Yurnalis dan Us dari PB Rajumsasi merengkuh gelar juara setelah mengalahkan Zul Buya dan Feri dari PB Saiyo, dengan skor 21-14 dan 21-19. Juara ketiga bersama diraih Magek dan Ifan dari PB Katapiang dan pasangan Jemy dan Dedi dari PB Laruik Sanjo. 

Di nomor Ganda Umum, pasangan Fandi Denaldo dan Ridho Rahmat Fajri sukses mengalahkan Wil dan Ferli dari PB Masa, dengan skor 21-8 dan 21-9. Juara 3 bersama diraih Yudha dan Beni (PB Orvala) dan pasangan Rozi dan Rasyid (PB Orvala). 

Penyelenggaraan Open Tournamen Badminton se-Kota dan Kabupaten Solok 2023 menjadi "oase" penyejuk bagi pecinta bukutangkis di Kota dan Kabupaten Solok. Hal itu terbukti dengan tingginya animo peserta dari berbagai daerah se-Kabupaten Solok. Open Tournamen kali ini juga diharapkan menjadi "batu loncatan" bagi iven yang lebih besar nantinya.

"Alhamdulillah. Kegiatan ini bisa berlangsung sukses dan meriah. Insyaallah, sesuai dengan harapan Walikota, tahun depan kita berencana menggelar kejuaraan tingkat Sumbar dengan tajuk Serambi Madinah Cup 2024, yang rencananya akan menjadi kalender tahunan Kota Solok," ujarnya. 

Sebelumnya, Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si Dt Tianso, membuka secara resmi Open Tournament Badminton se-Kota dan Kabupaten Solok 2023 di Hall Bulutangkis Tembok Arena, Kelurahan Nanbalimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Rabu malam (9/8/2023). Prosesi pembukaan dihadiri oleh Wakil Ketua KONI Kota Solok Fauzi Rusli, SE, MM, Sekretaris KONI Kota Solok Jon Mukhni, Ketua PBSI Kota Solok Rusnaldi, A.Md, Kadispora Nurzal Gustim, S.STP, M.Si. Turnamen ini mempertandingkan tiga nomor, yakni Tunggal Putra, Ganda Umum, Ganda Veteran. 

Walikota Solok Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan sangat antusias dan bersyukur dengan adanya open tournament ini. Menurutnya, selain untuk peningkatan sisi keolahragaan dan kesehatan, iven ini membuktikan bahwa seluruh elemen di Kota Solok senantiasa bergerak menggelar iven. 

"Open Tournament ini membuktikan bahwa seluruh pihak dan seluruh elemen senantiasa aktif di Kota Solok. Kita harapkan cabang olahraga (Cabor) lainnya juga bisa menggelar kejuaraan atau turnamen seperti ini. Dengan mengedepankan Hati Nurani dan dengan Semangat Restorasi, kita optimistis kejuaraan ini akan sukses dan menjadi contoh bagi cabor-cabor lainnya. Ke depan, kita harapkan PBSI bisa menggelar turnamen dengan skala yang lebih besar lagi," ujarnya. 

Wakil Ketua KONI Kota Solok Fauzi Rusli mengungkapkan turnamen ini merupakan momentum silaturahmi dan memeriahkan HUT RI ke-78. Fauzi Rusli yakin dan percaya, seluruh peserta turnamen akan berlaga dengan penuh sportivitas. 

"Jaga sportivitas, karena sportivitas lebih berharga dari gelar. Kita dari KONI Kota Solok, siap mendukung penuh setiap kegiatan yang digelar oleh pengurus Cabor," ungkapnya. 

Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Solok, Rusnaldi, A.Md, menyatakan turnamen ini digelar selain untuk memperingati HUT RI ke-78, juga dimaksudkan untuk batu loncatan untuk iven yang lebih besar ke depannya. 

"Kami dikukuhkan sebagai pengurus PBSI Kota Solok pada Desember 2022 lalu, namun baru kali ini bisa menggelar iven seperti ini. Selain itu, berbagai kejuaraan dan iven vakum sejak Pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu. Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-78, PBSI Kota Solok ingin berpacu, sebagai loncatan untuk turnamen yang lebih besar di tahun 2024 nanti," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Rusnaldi juga mengungkapkan bahwa ada satu atlet binaan PBSI Kota Solok yang saat ini lolos menjadi atlet Pelatnas Pratama. Atlet bernama Stefan Pebriano itu, saat ini menjalani pemusatan latihan nasional di Medan, Sumatera Utara dan kini menuju seleksi Pelatnas Utama. 

"Ini adalah sejarah bagi Kota Solok. Selama ini belum pernah ada dari Kota Solok di Pelatnas. Dari seleksi tingkat Pulau Sumatera, hanya lolos 2 orang. Satu dari Sumbar, satu lagi dari Sumut," ujarnya.

Dalam sambutannya, Rusnaldi, menghadirkan ibunda dari Stefan Pebriano yang disambut tepuk tangan penuh haru dan kebanggaan dari Walikota Solok, pengurus KONI, jajaran Dispora Kota Solok dan peserta turnamen yang hadir. 

"Sebagai mantan atlet Pelatda, yang sudah berlaga di sejumlah Kejurnas, saya merasakan betul bagaimana beratnya menjalani seleksi. Apalagi, seleksi Pelatnas. Karena itu, kami sungguh bangga ada atlet dari Kota Solok yang mampu menembus seleksi Pelatnas. Selain itu, kita juga patut berbangga karena Pelatih Bulutangkis Kota Solok, Desmawati, kini dipanggil menjadi Pelatih Pra-PON Sumbar dan salah satu atlet kita, Rahma Yuni Wulandari menjadi atlet yang akan memperkuat Sumbar di Pra-PON," ungkapnya. 

Rusnaldi, secara khusus juga mengungkapkan apresiasi dan penghargaan atas dukungan dari sejumlah pihak terhadap terlaksananya turnamen ini. Di antaranya, Bank Nagari, RSIA Permata Bunda, PDAM Kota Solok, KONI Kota Solok, dan donatur lainnya. (Niko Irawan)


Daftar Juara Open Tournament Badminton se-Kota dan Kabupaten Solok 2023

1. Tunggal Remaja Taruna (2003)

Final : Fandi vs Ridho (28-26, 13-8)

Juara 1 : Fandi Denaldo ( PB Orvala)

Juara 2 : Ridho Rahmat Fajri (PB Orvala)

Juara 3/4 : Rasyid/Beni (PB Orvala)

2. Ganda Veteran (90)

Final : Yurnalis/us Vs Zul Buya/Feri (21-14, 21-19)

Juara 1 : Yurnalis/Us ( PB Rajumsasi)

Juara 2 : Zul Buya/Feri (PB Saiyo)

Juara 3 bersama : Magek/Ifan (PB Katapiang) dan Jemy/Dedi (PB Laruik Sanjo)

3. Ganda Umum 

Final : Wil/Ferly Vs Ridho/Fandi (8-21, 9-21)

Juara 1: Ridho/Fandi (PB Orvala)

Juara 2: Wil/Ferly (PB Masa)

Juara 3 bersama Yudha/Beni (PB Orvala), Rozi/Rasyid (PB Orvala).

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved