Walinagari dan BPN se-Kabupaten Solok Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan - INFONEWS.CO.ID
-->

Selasa, 11 Juli 2023

Walinagari dan BPN se-Kabupaten Solok Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan

Walinagari dan BPN se-Kabupaten Solok Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan

Advertorial 

Walinagari dan BPN se-Kabupaten Solok Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan

Demi Tata Kelola Keuangan Nagari yang Tertib dan Disiplin

SOLOK, INFONEWS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah dan Nagari, 10-14 Juli 2023 di Aula Chinangkiek Dream Park, Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Solok H. Capt. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo itu, ditujukan untuk mewujudkan tata kelola keuangan nagari yang tertib dan disiplin. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Indra Gusnaldi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Romi Hendrawan, Sekretaris Inspektorat Daerah Dery Akmal, Camat, Walinagari dan Badan Permusyaratan Nagari (BPN) se-Kabupaten Solok. 


Bupati Solok H. Capt. Epyardi Asda, M.Mar, menegaskan bahwa kegiatan ini diadakan agar ke depannya pengelolaan keuangan di masing-masing Nagari sesuai dengan aturan yang ada. Menurutnya, dengan semakin meningkatnya Dana Desa yang dianggarkan, dibutuhkan tata kelola keuangan yang lebih baik. Sehingga, masyarakat bisa lebih merasakan efek pembangunan di nagarinya masing-masing.

"Dengan semakin meningkatnya Dana Desa yang dianggarkan di setiap Nagari, peranan dan tanggung jawab Walinagari dan BPN, tentu juga semakin kompleks. Maka, dmpemahaman pengelolaan anggaran dan aturan keuangan, juga harus semakin seksama. Sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengelola keuangan di masa yang akan datang," ujar Epyardi. 

Epyardi Asda juga mengungkapkan, dalam laporan yang diberikan Inspektorat Daerah, masih ada beberapa nagari yang masih keliru dan belum sesuai dengan aturan dalam mengelola anggaran.

"Melalui Bimtek ini, mari kita semua bekerja dengan ikhlas dan penuh semangat dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan aturan dan Undang-Undang yang ada," kata Epyardi. 

Romi Hendrawan

Sementara itu, Kepala DPMN Romi Hendrawan menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis pengelolaan keuangan Daerah dan Nagari tahun 2023 bagi Wali Nagari dan Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Se-Kabupaten Solok sehingga pengelolaan keuangan dapat lebih tertib dan disiplin anggaran. Menurutnya, output kegiatan adalah tata kelola keuangan Nagari mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pengawasan. 

"Bimtek ini akan dilaksanakan selama 5 hari dibagi dalam dua agenda, yakni dari tanggal 10-12 Juli 2023 untuk Walinagari dan tanggal 12-14 Juli untuk BPN. Total peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 148 orang. Terdiri dari 74 orang Walinagari dan 74 orang dari BPN se-Kabupaten Solok," tegasnya.  Perwakilan Badan Permusyawaratan Nagari," ungkap Romi Hendrawan. (***)

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Loading...
© Copyright 2018 INFONEWS.CO.ID | All Right Reserved